by

Wakil Bupati Karo : Pemkab Karo Berkomitmen Prioritaskan Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Berita Karo.OLNewsindonesia,Kamis(22/11)

Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang, didampingi asisten 2 Jernih Tarigan, SH, Kadis Kesehatan drg. Irna Safrina Meliala hadir dalam penilaian Akreditasi Puskesmas Simpang Empat, Kamis (22/11) 2018 pukul 09.30 WIB di Puskesmas Simpang Empat Kab. Karo.

Dalam sambutannya wakil Bupati Karo mengatakan pada prinsipnya Pemda Karo berkomitmen memprioritaskan pembangunan kesehatan selalu di prioritaskan melalui jangkauan perluasan kesehatan dan mutu kesehatan secara berkesinambungan yang dapat dicapai salah satunya melalui Akreditasi .

Hari ini (22/11) 2018 kata Cory, tim penilai Akreditasi akan bekerja sesuai fungsi dan tupoksinya sebagai acuan tahapan yang harus dilalui Puskesmas Simpang Empat, dalam rangka peningkatan mutu, dengan ini saya ucapkan selamat datang kepada para tim penilai dari Tim Akreditasi Surveyor dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kementrian kesehatan RI, yaitu bapak Wirda Lius SKM , Bapak Ashari SKM dan Ibu dr Dewi Rusnita Msc, “ujarnya saat memberikan kata sambutan.

Ket foto  : Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang di dampingi Kadis Kesehatan dr Irna Safrina saat mengikuti penilaian Akreditasi Puskesmas Kab Karo, Kamis (22/11) 2018
Ket foto : Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang di dampingi Kadis Kesehatan dr Irna Safrina saat mengikuti penilaian Akreditasi Puskesmas Kab Karo, Kamis (22/11) 2018

Lanjutnya, keberhasilan program kesehatan khususnya di Kab. Karo pada hakikatnya menuntut kerjasama yang Sinergis antara Pemkab Karo, Stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat, salah satunya bentuk pengakuan dari tim Akreditasi Puskesmas, dan tahun 2018 ini Akreditasi selesai,” paparnya.

Sementara salah satu Tim Akreditasi dari kementerian Kesehatan Wirda Lius SKM selaku Ketua Tim menyebutkan, kegiatan Akreditasi ini adalah corong untuk menguji Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan dan mutu kualitas Puskesmas yang menyentuh bagi lapisan masyarakat, sebab tanpa Akreditasi, Puskesmas tidak dapat diakui sebagai Puskesmas yang bermutu jika tidak melalui tahapan Akreditasi.

Hal ini, dikuatkan oleh amanah undang undang Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014  bahwa setiap Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali, sehingga kami tim penilai hadir saat ini, ” ucapnya.

Terima kasih kami ucapkan kepada Pemda Karo khususnya ibu wakil Bupati Karo, dan beserta jajaranya yang telah menyambut kami selaku tim penilai Akreditasi, dan kami akan bekerja secara maksimal dan terbaik untuk Pemda Karo, “imbuhnya.

Sementara Kadis Kesehatan Kab. Karo drg Irna Safrina Meliala mengatakan sudah ada beberapa Puskesmas di Kab. Karo di Akreditasi,oleh Tim penilai. ” Kadang kadang Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH yang menyambut kedatangan Tim Akreditasi seperti Puskesmas Merek dan Puskesmas Berastagi,hari ini Bupati Karo tugas luar kota sehingga tadi Ibu Wakil Bupati Karo yang menyambut tim Akreditasi dari Kementerian RI, “ucap Irna.

Nah ditahun 2018 ini, Puskesmas Simpang Empat masuk jajaran Puskesmas yang di Akreditasi yang terakhir, dari jumlah Puskesmas sebanyak 11 Puskesmas, selebihnya sisanya akan di Akreditasi tahun akan datang, ” ungkapnya.

Lanjutnya di Tahun 2019 ada 5 Puskesmas lagi akan di Akreditasi, jadi bagi yang sudah di Akreditasi, saya berpesan khusus bagi kepala Puskesmas yang sudah selesai tahapan Akreditasi. Saya minta bekerjalah sesuai SOP (standar operasional prosedur) dan secara profesional, ” pungkasnya .

Kegiatan ini turut di hadiri oleh Thomas Joverson Ginting, Wasit Ginting (Anggota DPRD Karo) , Kapten Kav Julister Surbakti (Danramil 04/SE dim 0205/TK) , dr Abed Nego kepala Puskesmas Simpang Empat, Ketua TP PKK Simpang Empat Ny. Amsah Perangin Angin, tokoh masyarakat Ndokum Siroga, Tokoh agama dan para Lansia Ndokum Siroga.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.