by

Cegah dan Deteksi Penyebaran Karhutla, Polda Kaltim Launching Aplikasi ASAP Digital

Berita Balikpapan, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Polda Kalimantan Timur resmi melaunching Aplikasi ASAP Digital sebagai upaya Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Karhutla, Kamis, (21/07/22).

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol. Yusuf Sutejo menjelaskan bahwa launching aplikasi digital ini dalam rangka menindaklanjuti kebijakan dan arahan Kapolri dalam langkah dan upaya dalam pencegahan dan antisipasi Karhutla.

“Aplikasi Digital ini Polda Kaltim bekerja sama dengan PT. Telkom serta rekan-rekan dari Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kaltim,” terang Kombes Pol. Yusuf Sutejo.

Lulusan Akabri tahun 1994 tersebut mengatakan bahwa pengoperasian aplikasi ASAP Digital ini mampu menyempurnakan langkah dan upaya Polda Kaltim dalam mencegah atau mendeteksi terjadinya karhutla di wilayah Hukum Polda Kalimantan Timur.

“Aplikasi ASAP Digital ini memiki keunggulan monitoring real tie CCTV 360 derajat dengan kemampuan jelajah 8 KM yang menampilkan kualitas suhu, kelembaban udara dan data titik api update berkala 5 menit,” tutur Kabid Humas Polda Kaltim.

Dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama dan launching Aplikasi Asap Digital ini mampu menjadi sarana untuk menyatukan tekad dan komitmen bersama dalam rangka mencegah terjadinya bencana karhutla di wilayah Kalimantan Timur.

210