by

Bupati Karo Dukung Bangunan RISHA Bermaterial Vulkanik Sinabung

Berita Karo,Olnewsindonesia,Rabu(21/11)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi, MSi melakukan penandatanganan serah terima aset, pengelolaan, dan pemanfaatan bangunan model berbahan bangunan berbasis semen dari material Vulkanik Gunung Sinabung dan bahan bangunan yang diterapkan di lokasi pemerintah Kab . Karo tahun anggaran 2018 menuju RISHA (Rumah Instan Sehat Sederhana) bersama Ir. Agus Sarwono, MM kepala Balai Litbang Perumahan wilayah I Medan, Kementerian Pemukiman dan Perumahan PU PR Rabu (21/11) 2018 pukul 10.00 WIB di hotel Sibayak Berastagi.

Terkelin menyebutkan , banyak keuntungan jika pembangunan RISHA ini terealisasi di Kab . Karo, sebab menurut catatan Litbang perumahan wilayah I kepada Pemda Karo keuntungannya selain unik, dapat dikembangkan pada arah horizontal dan vertikal (2 lantai), dapat dibongkar pasang, komponen ringan (maksimum 50 kg), pemasangan hanya 1 hari (bilamana kondisi SDM dan lapangan seperti disyaratkan), komponen dapat diproduksi secara home industry dalam upaya pengembangan UKM dan dapat mengakomodasi potensi lokal (budaya maupun bahan bangunan), beber, ” jelas Bupati.

Hal ini tertuang dalam surat kesepakatan yang barusan saya teken bersama kepala Balitbang Wilayah I Medan tadi, sesuai sesuai surat :02/BA/l.b. 21/2018 tanggal 21 Nopember 2018, ” ungkap Terkelin Brahmana.

Nah, hal ini Pemda Karo sangat bangga dan gembira dan 100 % mendukung serta peduli atas kesediaan Balai Litbang wilayah I Medan, menyalurkan programnya, karena faktor Gunung Sinabung. Oleh sebab itu, silahkan segera berbenah dan menyiapkan apa saja yang dibutuhkan baik administrasi,maupun jika butuh pengamanan Pemda Karo siapa membantu dan memfasilitasi , agar kegiatan RISHA tersebut diawal tahun 2019 sudah dapat bekerja dalam pembangunan tahap awal, sesuai dengan program Litbang wilayah Medan,” ujar Terkelin dihadapan Agus Sarwono.

Sementara Ir. Agus Sarwono, MM kepala Balai Litbang Wilayah I Medan, menjelaskan bahwa program RISHA diatas dengan memanfaatkan material Vulkanik Sinabung, inilah salah satu keunggulan sehingga daerah Kab . Karo melalui Balai Litbang memilih Kab . Karo untuk pembangunan RISHA tersebut dengan manfaatkan material Gunung Sinabung, ” jelasnya.

Misalnya pasir yang berasal dari aliran Gunung Sinabung sudah kita survei dan teliti, bahwa pasirnya cukup bagus kualitas dan kuantitasnya untuk dipakai, tempatnya daerah Gurukinayan, begitu juga batu kerikilnya layak digunakan sesuai yang kita inginkan, ” katanya.

Ket foto  : Kepala Balitbang Ir Agus Sarwono saat mengecek berkas surat penandatanganan yang di saksikan oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi di Aula hotel Sibayak Berastagi, Rabu (21/11) 2018
Ket foto : Kepala Balitbang Ir Agus Sarwono saat mengecek berkas surat penandatanganan yang di saksikan oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi di Aula hotel Sibayak Berastagi, Rabu (21/11) 2018

Keuntungan RISHA dengan material Vulkanik Gunung Sinabung keunggulan nya : lebih cepat, lebih murah, lebih ramah lingkungan, lebih tahan gempa, Movable (knock-down), lebih ringan dan dapat dimodifikasi sebagai bangunan kantor, puskesmas, rumah sakit,” terang Agus Sarwono.

Di tempat yang sama kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi, MSi mengatakan jauh hari Balai Litbang wilayah I Medan sudah berkoordinasi dengan kita untuk merencanakan pembangunan RISHA di Kab. Karo, dan Balai Litbang sudah ada melirik lahan yang akan dibangun nantinya, ”ucap Sianturi.

Ya, seingat saya lahan lokasi yang sudah dilirik daerah Tongging Sipiso Piso, tapi belum final, itu masih wacana mereka, sewaktu waktu bisa saja berubah lokasi, tergantung pihak Balai litbang wilayah I Medan, karena dana anggarannya dari mereka juga pengerjaanya , ” sebutnya.

Lanjutnya, pembangunan RISHA ini tahap awal sesuai pemberitahuan ke kita akan dibangun sebanyak 10 unit, dengan ketentuan bisa dengan berbeda lahan bukan satu lokasi, ini tergantung Balai Litbang sesuai program dan kebutuhannya, “pungkasnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.