by

KONI – Jakpro Komitmen Tingkatkan Prestasi Olahraga

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat berkomitmen untuk memanfaatkan beragam fasilitas dan sarana olahraga untuk peningkatan prestasi cabang olahraga di tanah air.

Komitmen tersebut ditandai dengan kunjungan KONI Pusat ke fasilitas olahraga berstandar internasional yang dikelola Jakpro seperti Jakarta International Stadium (JIS) dan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman mengatakan, kunjungan ini dapat membawa dampak positif dan perubahan bagi pengelolaan industri olahraga tanah air serta bersinergi membangun ekosistem kejuaraan olahraga yang lebih kompetitif dan menarik.

“Kita sepakat dalam pengembangan olahraga yang tergabung di KONI, memanfaatkan semua lahan yang dikelola PT Jakpro seperti JIS, Sirkuit Formula E Ancol, TIM Cikini, Equestrian Pulomas,” ujar Marciano, Kamis (18/1).

VP Corporate Secretary PT Jakpro (Perseroda), Syachrial Syarif mengatakan, kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama kedua belah pihak untuk mengoptimalkan sarana dan fasilitas olahraga yang dikelola oleh Jakpro.

Syachrial menyampaikan, selain JIS dan JIEC, Jakpro turut mengelola berbagai fasilitas dan sarana olahraga lainnya seperti Jakarta International Velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur yang bisa dioptimalkan untuk kejuaraan cabang olahraga balap sepeda. Kemudian, Jakarta International Equestrian Park (Equestrian) di Pulomas, Jakarta Timur yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan olahraga ketangkasan berkuda.

“Jakpro berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Ketua KONI melalui kunjungan yang dilakukan ke venue Jakpro. Seluruh fasilitas olahraga berstandar internasional yang telah dibangun atas amanah dari Pemprov DKI Jakarta telah siap untuk digunakan oleh seluruh warga Jakarta dan Indonesia,” kata Syachrial.

Sekadar diketahui, JIS merupakan salah satu stadion terbesar yang ada di Indonesia bahkan dunia. Berdasarkan laporan Daily Mail pada 20 Februari 2021, JIS masuk dalam 10 stadion termegah di dunia. Stadion JIS mampu menampung 82 ribu penonton dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki atap buka-tutup atau retractable roof.

Sementara itu, sirkuit JIEC berhasil menyedot animo publik baik domestik maupun luar negeri sejak digunakan sebagai venue ajang balap mobil listrik Jakarta E-Prix 2022 tahun lalu. Sirkuit yang memiliki panjang lintasan 2,37 kilometer dengan 18 tikungan ini juga telah mendapatkan sertifikasi dari Federation Internationale de I’Automobile (FIA) grade 3.

210