by

Disdukcapil Kota Bekasi Menerima Kunjungan Dirjen Dukcapil

Berita Bekasi.OLNewsindonesia.Kamis(20/05/21)

Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh selaku Dirjend Dukcapil Kementerian Dalam Negeri melakukan kunjungan sekaligus pembinaan dan pengawasan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi .

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Dinas didampingi oleh Sekretaris Dinas, para Kepala Bidang dan Kepala Seksi/Kasubag di lingkungan Disdukcapil Kota Bekasi

Dirjen Dukcapil Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh sempat melihat kondisi pelayanan di lantai 1 serta kondisi ruang pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk kemudian diterima secara resmi di Aula Dinas Lantai 2.

Kepala Dinas menyampaikan bahwa semua pelayanan adminduk sudah tersebar di 15 (lima belas) titik layanan, sehingga pelayanan yang ada Dinas hanya pelayanan berupa ganti foto/elemen data KTP, validasi data dan catatan pinggir catatan sipil. Selain itu juga disampaikan terkait pelayanan secara online melalui aplikasi e-open berbasis android yang dapat diakses oleh masyarakat.ujarnya

Dalam kunjungan ini Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada seluruh pemangku jabatan Disdukcapil untuk dapat terus meningkatkan pelayanan adminduk kepada masyarakat.

Dirjen Dukcapil juga menyampaikan apresiasi kepada Disdukcapil Kota Bekasi dimana pada tahun ke enam masa kepemimpinannya terus mengalami peningkatan yang signifikan.
Berbagai terobosan (inovasi) yang telah dilakukan Kepala Dinas beserta jajarannya membawa perubahan yang sangat berarti dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas.

Point kedua yang disampaikan oleh
Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh beberapa tips untuk mewujudkan pelayanan yang membahagiakan masyarakat, yakni dengan melakukan tugas secara bersama-sama dan terus menjaga kekompakan dari seluruh aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi.

Selain itu yang diperlukan untuk dapat membahagiakan masyarakat,penempatan FO harus dengan seleksi terhadap petugas Front Office (FO) yang berada di garda terdepan dalam memberikan informasi,Saran Dirjen Kepada Kadis Dukcapil Kota Bekasi

Para petugas FO tersebut disarankan adalah wanita dengan latar belakang keluarga yang bahagia sehingga dapat memberikan aura bahagia juga kepada masyarakat yang membutuhkan informasi.

Tips terakhir yang dapat membahagiakan masyarakat adalah dengan memberikan kepastian waktu pengurusan layanan adminduk.
Tidak menjadi masalah ketika pengurusan dokumen adminduk lebih dari satu hari asalkan masyarakat mendapatkan kepastian waktu kapan dokumen adminduk mereka dapat diterima.

Point ketiga yang disampaikan Bapak Dirjen Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh adalah terkait program Digitalisasi ID (melalui NIK) yang akan dimulai pada bulan Juni tahun ini. Dengan digitalisasi ID ini seluruh lembaga hanya perlu melakukan input NIK untuk semua proses layanan yang dibutuhkan.
Untuk menunjang program tersebut diminta kepada bidang PDIP untuk dapat mengoptimalkan perjanjian kerjasama yang telah dibuat dengan Perangkat Daerah lain serta menambah jumlah PKS sehingga semua Perangkat Daerah dapat memanfaatkan data kependudukan.

Point terakhir yang disampaikan oleh Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh adalah terkait peran Disdukcapil pencapaian target kinerja selama beberapa tahun ke depan. Tahun 2022 terdapat peningkatan target capaian dalam pelayanan adminduk, karena pada tahun 2022 bulan Oktober akan dimulai pendataan DP4 untuk persiapan Pilpres 2024. Pendataan tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar, untuk itu diminta kepada aparatur Disdukcapil untuk dapat memaksimalkan perannya dalam mencapai tujuan dan target tersebut.

Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh selaku Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, mengatakan Kepala Dinas Dukcapil Kota Bekasi beserta seluruh jajaran berkomitmen untuk terus dapat memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat dengan motto layanan yang kita punya. Dukcapil GISA, Dukcapil BISA. ujarnya

(Efendi hutabarat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.