by

Polri Segera Bentuk Polres Khusus di IKN

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Saat ini, Polri sedang dalam tahap pengajuan pembentukan Polres Khusus di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Ya untuk konsep pembentukan Polres khusus IKN ini sedang diajukan,” jelas Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Minggu (19/6/2022).

Kadiv Humas Polri mengatakan, tahun ini Polri masih fokus mengusulkan dan menggodok mengenai konsep polres khusus IKN.

Kemudian, dia menyebut Polres khusus IKN sudah harus dipersiapkan mulai tahun depan. “Tahun depan kan sudah harus dipersiapkan, karena tahun 2024 diharapkan secara bertahap kita sudah mulai berkantor di IKN,” tuturnya.

Sementara itu, Korps Brigade Mobil (Brimob) juga akan ditempatkan di IKN. Nantinya, Brimob di IKN akan dipimpin seorang perwira tinggi dengan pangkat brigadir jenderal.

“Nanti akan dipimpin oleh perwira tinggi bintang 1 dalam rangka untuk mengamankan penguatan IKN agar IKN betul-betul sesuai dengan timeline yang sudah ditetapkan pemerintah,” imbuh Kadiv Humas Polri.

Polres khusus dan polsek di Ibu Kota Nusantara diharapkan bisa terealisasi pada 2023. Sementara perpindahan Mabes Polri direncanakan terwujud pada 2024.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, sebanyak 60.000 aparatur sipil negara (ASN), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan pindah ke ibu kota negara (IKN) Nusantara pada 2024.

Jumlah tersebut merupakan tahap pertama yang sudah dibicarakan dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Relhupolri