by

Pemkab Karo Bersama Polres Tertibkan KJA Tongging

Berita Karo. OLNewsindonesia.Rabu(19/05/21)

Pemkab Karo bersama Kapolres kunjungi Kacamatan Merek menuju Tongging untuk lakukan koordinasi bersama pengusaha Keramba Jaring Apung (KJA) yang mana dalam waktu dekat akan menertibkan KJA di Desa Tongging ,Desa Sikodon-Kodon, Desa Sibolangit Kecamatan Merek dan sekitarnya,Rabu (19/05) 2021 sekira pukul 10.00.WIB.

Dalam kesempatan tersebut Forkopimda Kabupaten Karo langsung menaiki Kapal boat untuk melaksanakan penertiban KJA secara simbolis terhadap KJA milik Mangadi Sipakkar dengan cara menarik KJA ke tempat pembongkaran ke tepi Danau dengan Kapal Boat yang selanjutnya Bupati Karo dan Forkopimda meninjau tempat pembongkaran KJA yang sudah ditarik ke tapi Danau.

Dalam Kesempatan tersebut  , Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengatakan ” saya bersama Forkopimda mengucapkan banyak terimakasih kepada pemilik keramba apung karena telah menjalankan perintah dari pemerintah, hal ini bertujuan untuk menciptakan pariwisata yang maju, kami juga akan memberikan dispensasi kepada pengusaha keramba yang ditertibkan, “ucap Bupati Karo Cory Sebayang yang didampingi Wakil Bupati Karo ini.

Ket foto : Forkopimda Karo saat mengunjungi Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo,Rabu(19/05) 2021 (Ist)
Ket foto : Forkopimda Karo saat mengunjungi Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo,Rabu(19/05) 2021 (Ist)

Sementara itu,Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SH SIK mengatakan,”atas pembongkaran KJA milik Bapak Mangadi Sipakkar , pengusaha  keramba apung telah mendukung dan memberi contoh kepada pengusaha keramba yang lain,untuk pengusaha kami sarankan juga agar tetap dapat menghasilkan ikan dapat menggunakan Bioflok.

Kita bersama Forkopimda hari ini kita melaksanakan penertiban keramba apung dan kita lakukan secara bertahap, Kami menghimbau kepada penduduk disekitar Danau Toba khususnya pengusaha keramba agar menaati aturan dari pemerintah .

Kami bekerjasama dengan dinas perikanan agar membuat percontohan dengan menggunakan Bioflok (keramba buatan) dan menciptakan UMKM untuk menjaga perekonomian warga ,”ujar Kapolres AKBP Yustinus Setyo SH SIK.

Dalam pembongkaran tersebut , Mangadi Sipakkar,” kami akan mentaati peraturan dari pemerintah dan menunggu bantuan dari pemerintah untuk membuat usaha pengganti keramba apung ,” ucap Mangadi.

Adapun yang hadir dalam penertiban Keramba Jaring Apung ini antara lain, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto , Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SH SIK, Bupati Karo Cory Sebayang,Danramil 02/TP Kapten Inf Gandhi,Kasatpol PP Hendri Tarigan, Plt Camat Merek dan tamu undangan lainnya.

( David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.