by

Bupati Karo Dan Bupati Humbang Sepakat Kerjasama Pengiriman Hortikultura

Berita Tanah Karo, Online News Indonesia, Selasa (19/3)

Team rombongan Bencmarking Zero Budget Natural Farming resmi diberangkatkan oleh Kemenkomaritim ke State India dalam rangka mengikuti program ZBNF (Zero Budget Natural Farming) dalam bidang pertanian alami berbiaya nol mulai tanggal 19 – 24 Maret 2019.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor yang di dampingi Kadis Pertanian Sarjana Purba Dan staf saat bersama di ruang tunggu Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (19/03) 2019
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH bersama Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor yang di dampingi Kadis Pertanian Sarjana Purba Dan staf saat bersama di ruang tunggu Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (19/03) 2019

Hal ini terlihat dibangku duduk keberangkatan Bandara Soekarno Hatta Gate 3 Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Kadis Pertanian Kab . Karo Sarjana Purba, SSTP, Kabid Sumber Daya Alam Kemaritiman True Khan, dan Kepala BPTP Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumut dr. Hadijah LUBIS dalam foto bersama, Selasa (19/03) 2019 pukul 18.00 WIB .

Di ketahui , Bupati Karo Terkelin Brahmana dengan Bupati Humbang Hasundutan berkomitmen bersama sama kedepan antara dua Kabupaten ini akan bersinergi dan join dalam pengiriman hasil pertanian, ” ucap Terkelin saat di Bandara.

Apalagi setelah sepulang dari India ini, nantinya kami berdua sepakat selalu kompak melakukan ekspedisi pengiriman keluar negeri berupa hasil pertanian Kabupaten Humbang Hasundutan dan hasil pertanian Kabupaten Karo. ” Ini barusan kami bicarakan, akhirnya menghasilkan satu komitmen serta kesepakatan secara lisan, belum tertulis,” kata Terkelin.

Sambung nya lagi , mengenai tanaman pertanian yang dapat dikerjasamakan, nanti lebih lanjut kita kordinasikan bersama pak Bupati Humbang, dimana pada prinsipnya tanaman Hortikultura, misalnya dari Karo, Kol dan Jagung, sedangkan dari Humbang bisa saja nanti Kopi, ” imbuhnya.

Sementara Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor mengapresiasi pertemuan ini sangat luar biasa, bersama Bupati Karo, dimana kami sepakat kedepan menjalin kerja sama antar kedua Kabupaten ini yang terkenal dalam bidang pertanian terlebih tanaman Hortikultura.

Kesuburan tanah yang dimiliki ini membuktikan, sehingga pemerintah pusat melalui Kemenkomaritim mengikut sertakan daerah Karo dan Humbang Hasundutan ke India mempelajari ZBNF (Zero Budget Natural Farming) dalam bidang pertanian alami berbiaya nol dan tanpa zat kimia, ” ujar Dosmar.

Saya tegaskan kembali, kedepan Karo dan Humbang akan bersinergi selalu dalam ekspor tanaman Hortikultura, dari Humbang Kopi dan Kemenyan , tadi pak Bupati karo sudah setuju, dan komitmen kami bersama ini akan kita Wujudkan,” jelas Dosmar saat berada di Bandara Soekarno Hatta.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.