by

Warga Ketaren Kabanjahe Operasi Jantung Berkat Bantuan Program JKN

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) menjadi anugerah yang selalu disyukuri oleh Rajali (62) warga Desa Ketaren Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo hingga saat ini, karena program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan tersebut selalu memberikan jaminan biaya pelayanan kesehatan yang dibutuhkan Rajali dan keluarganya ketika sakit.

“Seandainya kami tidak ada Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini, mungkin saya dan istri tidak hidup lagi. Kami sangat berterima kasih karena sudah menjadi Peserta dan dapat menggunakan KIS ini,” ujar ayah satu orang anak tersebut, pada wartawan beberapa waktu lalu dikediaman nya.

Ia juga menambahkan bahwa istrinya juga beberapa tahun yang lalu menderita sakit ginjal dan harus berobat rutin. Berkat memanfaatkan Program JKN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, perlahan sakitnya membaik dan dapat beraktivitas kembali. Namun, karena usia yang semakin senja dan kondisi kesehatan yang tidak lagi prima maka sang istri lebih banyak menghabiskan waktunya membuat keripik singkong dari hasil tanaman di pekarangan rumahnya untuk membantu ekonomi keluarga. Pria yang tinggal di Desa Ketaren ini menceritakan pengalamannya beberapa tahun lalu saat divonis dokter mengidap sakit Jantung.

“Jadi saya ini sudah dioperasi beberapa tahun yang lalu dan sampai saat ini masih ada cincin di Jantung. Tidak tahu berapa biayanya tapi pasti mahal sekali. Karena ada kartu KIS saya tidak bayar biaya apapun. Sampai sekarang setiap bulan saya masih sering ke rumah sakit untuk periksa Jantung,” jelas Rajali.

Pada momen khusus menjelang peringatan HUT ke -77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rajali berharap Program JKN tetap dapat terus diselenggarakan dan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat. Di samping itu, menurutnya dukungan dari berbagai pihak dalam hal ini pemerintah, pemangku kepentingan dan pihak terkait lainnya akan mendorong keberlangsungan dan kemajuan Program JKN.

“Kami beruntung JKN bantu menopang kesehatan keluarga, kami doakan program ini selalu ada terus dan dapat membantu masyarakat, khususnya dari keluarga yang tidak mampu. Kepada Pemerintah, harapan kami teruslah mendukung program baik ini, agar beban masyarakat berkurang dan keluarga dapat semakin sejahtera,” kata pria yang sehari-hari bekerja serabutan ini.

(David)