by

Saluran Phb Buluh Perindu Diperbaiki Satu Alat Berat

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Satu unit alat berat jenis excavator mini dikerahkan untuk perbaikan saluran penghubung (Phb) Jl Buluh Perindu, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (17/10).

Kasi Pemeliharaan Sudin Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Timur, Puryanto mengatakan, perbaikan saluran ini dilakukan sejak 12 Oktober lalu dan ditargetkan rampung pada akhir Desember. Saluran penghubung sepanjang kurang lebih 150 meter ini diperbaiki lantaran tak bisa berfungsi secara normal. Sehingga memicu timbulnya genangan di wilayah RW 06 dan RW 11 Kelurahan Pondok Bambu.

“Perbaikan saluran ini meliputi penurunan dasar saluran (DS), diatur elevasinya agar air bisa mengalir secara normal,” kata Puryanto.

Dijelaskan Purwanto, pada bagian hulu saluran penghubung ini DS-nya diturukan hingga satu meter. Sedangkan bagian hilirnya disesuaikan elevasinya agar dapat bertemu dengan saluran penghubung Laut Banda. Sehingga antara bagian hulu dan hilir itu selisihnya sekitar 15-20 sentimeter.

“Saat ini di lokasi sudah terpasang 11 U-Ditch ukuran 100×100 sentimeter dan proses pekerjaan masih terus berlangsung,” katanya.

Menurutnya, penurunan DS ini untuk memudahkan air dari Saluran Phb Teluk Sibolga mengalir ke Salurah Phb Buluh Perindu. Selama ini, aliran air dari Saluran Phb Teluk Sibolga kerap tertahan karena posisinya lebih rendah 40 sentimeter dari Saluran Phb Bulu Perindu.

“Pekerjaan ini melibatkan 20 personel satgas,” tandasnya.

Jmy