by

Digitalisasi UMKM Di Pasar Tomang Didukung Kementerian Perdagangan Dan Pemprov DKI

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kepala Dinas Perindustrian Perdaganga Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah (DPPKUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mendampingi Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat, Kamis (18/8).

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk memantau perkembangan harga bahan pokok di DKI Jakarta.

“Kunjungan kerja ini sekaligus untuk menyosialisasikan penggunaan aplikasi belanja kepada pedagang pasar dan pengunjung untuk bertransaksi digital melalui aplikasi Grab Mart. Pasar Tomang adalah pilot project untuk program ini,” kata Kadis DPPKUKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Kamis (18/8).

Hal ini merupakan tindak lanjut kemitraan yang dilakukan antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) dengan PT Grab Indonesia untuk mendorong digitalisasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di pasar rakyat dengan menggunakan aplikasi Grab Mart.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Perumda Pasar Jaya, selaku pengelola pasar rakyat di Provinsi DKI Jakarta, menyambut baik program kemitraan yang dilakukan oleh Kemendag RI ini.

“Kami dari Pemprov DKI Jakarta menyambut baik kemitraan ini karena sejalan dengan misi untuk melakukan digitalisasi UMKM. Ke depannya, Pemprov DKI berkomitmen untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah pusat maupun sektor swasta untuk mendorong digitalisasi UMKM pasar rakyat. Digitalisasi UMKM di pasar rakyat ini bisa dimanfaatkan untuk pembelian secara digital, pembayaran cashless, maupun fasilitas lainnya yang mendukung perluasan akses pemasaran produk UMKM,” jelas Ratu.

210