by

Dinas PUPR Kabupaten Karo Lakukan Normalisasi Irigasi Di Desa Tanjung Morawa

Berita Karo.OLNewsindonesia,Senin(18/03)

Masyarakat Tiga Nderket , Tanjung Morawa dan Desa Perbaji Kec . Tiga Nderket Kabupaten Karo sudah lama membutuhkan irigasi untuk mengairi sawah ketika bercocok tanam, namun hal ini belum terealisasi sehingga masyarakat sekitar Kec. Tiga nderket meminta bantuan Pemkab Karo sementara waktu agar dinormalisasi saja dulu. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Tiga Nderket Arie Anfi Kemil Sembiring, Minggu (17/03) 2019 pukul 12.00 WIB di Tiga Nderket.

Menurut Arie, rencana kami ingin meminta bantuan ke kantor Bupati Karo untuk menjumpai Bupati karo Terkelin Brahmana, namun berhubung masalah waktu dan kesibukan Bupati Karo kami menunda kedatangan kami.

Namun respon luar biasa bagi jajaran Bupati Karo, terungkap saat tahu ada keinginan masyarakat terkait Irigasi yang sudah lama tidak berfungsi, akhirnya Bupati Karo menurunkan OPD -nya kelapangan Kemarin , Sabtu (16/03) 2019 untuk mengecek kondisi keadaan lokasi irigasi tersebut, ” ujar Sembiring ini.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana melalui Kadis PUPR Ir. Paten Purba turun kelapangan setelah mendapat instruksi dengan didampingi Kadis Pertanian Sarjana Purba, Kabid Bina Marga PUPR Hendra Mitcon Purba, melakukan cek lokasi irigasi di Desa Tanjung Morah tersebut .

Setelah dilakukan peninjauan, irigasi tersebut membutuhkan normalisasi agar sementara dapat berfungsi, untuk itu kami sepakati hari ini (17/03) 2019 kami turunkan alat berat Eskavator mini guna mengorek saluran irigasi di desa Tanjung Morawa Kec . Tiga Nderket agar tidak sumbat dari material bebatuan yang terbawa arus sungai Lau Borus akibat pasca erupsi Gunung Sinabung, ” ujar Mitcon.

Meskipun akan kita normalisasi , kita sudah berkordinasi dengan masyarakat sekitar bahwa ini sifatnya sementara, sambil menunggu Bupati Karo pulang dari India yang mengikuti program ZNBF( Zero Budget Natural Farming) dalam bidang pertanian alami berbiaya nol.

Selanjutnya, kita akan datang ke lokasi bersama Bupati Karo untuk mencari solusi kedepan bagaimana cara memperbaiki irigasi ini yang dinantikan masyarakat sekitar lima desa ini, dan juga harapan masyarakat, ini yang disampaikan masyarakat kepada kami, agar setelah di normalisasi, mereka tetap sabar menuggu kesediaan Bupati Karo untuk datang melihat irigasi tersebut kata Kades Tiga Nderket, ” ucap Mitcon.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.