by

Hujan Deras 23 KK Di Desa Gongsol – Merdeka Terpaksa Diungsikan

Berita Karo, www.olnewsindonesia.com

Dampak dari hujan deras dengan waktu singkat pada Kamis sore (17.03.2022) sekira pukul 14.30 WIB membuat Turap ataupun Dinding Penahan Tebing Rumah warga milik Budiman Barus, Celsi Br Sembiring dan
Rumah Radiah Br Karo (68), roboh dan sebagian rumah tersebut rusak tepatnya di Dusun II Lau Sungsang Desa Gongsol Kec. Merdeka Kab. Karo.

Kapolsek Simpang Empat AKP Ridwan Harahap, yang mendapat informasi tersebut, bersama sama dengan Camat Merdeka Drs Oberlin A V Sembiring, Danramil 04/ SE Kapten Inf Manson Tarigan dan Personil TNI Polri serta Kepala Desa Gongsol Syahmidun Sitepu, langsung mengecek ke lokasi kejadian.

“Hujan deras mengakibatkan air hujan tidak tertampung drainase dan mengikis dinding Turap sehingga roboh dan menimpa beberapa rumah warga. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun beberapa rumah warga rusak parah akibat tertimpa material tebing,” kata Kapolsek ini.

Lantas, lanjut Kapolsek Simpang Empat ini lagi,” masyarakat yang terdampak material reruntuhan, untuk sementara diungsikan ke Gudang dan Aula Pemdes Gongsol, mengantisipasi akan terjadi longsor susulan karena curah hujan yang masih tinggi
saat ini seluruh penghuni rumah yang berjumlah 23 KK di evakuasi / di ungsikan ke Gudang milik Kepala Desa Gongsol berjumlah 3 KK, Gudang Kepala Dusun II berjumlah 3 KK dan ke Aula Kantor Kepala Desa Gongsol berjumlah 17 KK,” terangnya.

Salah satu warga Desa Gongsol MS, Tekang (45) ikut prihatin atas kejadian ini, bahwa ini kejadian bencana alam dampak hujan turun cukup deras, namun tak terlepas dari kondisi hutan perbukitan area Gunung Sibayak yang sudah mulai gundul di garap masyarakat sebagai tempat bercocok tanam, tentu ini menjadi tugas Pihak terkait untuk memperhatikan lebih serius terhadap perbukitan hutan yang di garap oleh masyarakat tersebut, karena bila dibiarkan, bukan tidak mungkin kelak ini akan menjadi bencana yang lebih besar,” katanya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.