by

Gladi Bersih Upacara Bendera Digelar Satpol PP DKI Jakarta

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Satuan Polisi (Satpol) PP DKI Jakarta bersama puluhan pasukan pengibar bendera menggelar gladi bersih upacara bendera 17 Agustus di halaman Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Selasa (16/8) pagi.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin mengatakan, pihaknya mendapat kepercayaan menjadi petugas upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI tingkat provinsi yang digelar di Plaza Selatan Monas, Rabu (17/8).

“Personel Satpol PP DKI Jakarta akan menjadi petugas yakni perwira, pemimpin upacara, pembaca Pancasila dan UUD 1945,” ujar Arifin, Selasa (16/8).

Ia mengungkapkan, Satpol PP DKI Jakarta bertugas mengamankan untuk menyukseskan pelaksanaan upacara bendera HUT ke-77 kemerdekaan RI.

Pengamanan dimulai dari pegawai atau peserta upacara masuk ke lokasi dan selama berlangsungnya upacara di Plaza Selatan Monas.

“Satpol PP DKI Jakarta juga terlibat pengamanan upacara di tingkat provinsi dan pelaksanaan detik-detik proklamasi karena akan ada kirab mengeluarkan bendera dan teks proklamasi dari Monas menuju Istana Negara,” ungkapnya.

Ditambahkan Arifin, seluruh akses menuju kawasan Monas akan dikakukan pengendalian atau pembatasan.

“Untuk itu, kami berharap peserta sudah tiba di lokasi sebelum pukul 06.45 WIB disebabkan akan dilakukan penutupan akses jalan menuju Monas untuk pelaksanaan upacara bendera HUT ke-77 kemerdekaan RI,” paparnya.

Dikatakan Arifin, sebanyak 100 personel Satpol PP DKI Jakarta dikerahkan untuk pengamanan selama berlangsungnya upacara bendera HUT ke-77 Kemerdekaan RI tingkat provinsi.

Sementara Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Joko Margono menambahkan ada sebanyak 52 anggota Paskibra tingkat provinsi yang telah mengikuti pelatihan sejak 8 Juli 2022.

Proses seleksi petugas paskibra digelar secara berjenjang yang dimulai pada bulan Mei 2022.

“Kami merekrut sebanyak 52 anggota paskibraka tingkat provinsi dan 2 anggota untuk ikut seleksi tingkat nasional. Insya Allah, petugas paskibraka tingkat provinsi siap menunaikan tugas,” tandasnya.

210