by

DPPKUKM Resmikan Landing Page Jakpreneur Di Tokopedia Dan Program Twotor Jakpreneur

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPPKUKM) bersama Tokopedia meresmikan Landing Page Jakpreneur dan Program Twotor Jakpreneur di Gedung Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Jumat (14/10).

Kehadiran Landing Page Jakpreneur di Tokopedia ini, ditujukan untuk mendorong para pelaku UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta yang tergabung dalam Jakpreneur dapat lebih aktif bertransaksi secara online.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, kegiatan ini ditujukan sebagai komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk terus mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi, dengan mempercepat digitalisasi UMKM, serta membantu para pelaku UMKM Jakpreneur yang tersebar di Jakarta khususnya pengusaha pemula untuk dapat masuk dalam ekosistem digital.

“Kami ucapkan terima kasih untuk para kolaborator yang telah bekerja sama mewujudkan program digitalisasi Jakpreneur ini. Harapannya, dengan kehadiran Landing Page Jakpreneur di Tokopedia ini dapat membantu para pelaku UMKM di Jakarta untuk lebih aktif mempromosikan usahanya dan memberikan lebih banyak kemudahan dalam bertransaksi,” ujar Ratu, seperti dikutip Siara Pers PPID DKI, Sabtu (15/10).

Sementara itu, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan mengatakan, Landing Page Jakpreneur ini dihadirkan untuk meningkatkan gairah belanja masyarakat sekaligus membantu mempromosikan produk-produk UMKM Jakpreneur.

“Kehadiran Landing Page Jakpreneur di Tokopedia ini juga diharapkan dapat meningkatkan gairah belanja masyarakat serta membantu UMKM Jakpreneur dapat dikenal luas dalam lingkup nasional,” imbuh Emmiryzan.

Selain itu, Dinas PPKUKM DKI Jakarta juga turut meresmikan program Twotor, yang mempertemukan pelaku UMKM dengan para mentor berpengalaman.

Pada program ini, pelaku UMKM dapat melakukan diskusi bersama para mentor yang telah disediakan, untuk kemudian berbagi pengalaman, pengetahuan, dan wawasan terkait bisnis yang digeluti.

Untuk menggerakkan program Twotor ini, telah ditetapkan 22 orang mentor berpengalaman yang diharapkan mampu mendukung keberlangsungan usaha pelaku-pelaku UMKM binaan Jakpreneur. Hal ini ditujukan agar para pelaku usaha dapat bertahan dan berkembang, serta mampu berkolaborasi dan beradaptasi dengan perkembangan dunia bisnis yang semakin dinamis.

Usai peresmian Landing Page Jakpreneur dan Program Twotor, acara dilanjutkan dengan talkshow Jumat Belanja Lokal (JBL) yang disiarkan langsung oleh Tokopedia dan media digital Pemprov DKI Jakarta.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta, Mochamad Abbas, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, serta Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta dan Tokopedia juga memiliki program JBL atau Jumat Beli Lokal yang telah berjalan selama satu tahun. Program ini merupakan perwujudan kolaborasi antara Pemprov DKI dan Tokopedia dalam menggalakkan belanja online di Jakarta dan seluruh Indonesia.

Berdasarkan data Bank Indonesia, saat ini baru 25 persen pelaku UMKM di Indonesia yang telah masuk ke dalam ekosistem digital. Sementara Indonesia memimpin Asia Tenggara dengan pertumbuhan ekonomi digital tertinggi, yaitu mencapai delapan kali lipat dibanding tahun 2020. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan potensi ini, perlu dilakukan percepatan digitalisasi UMKM.

Jmy