by

Pola Otak Ungkap Mengapa Pengemudi Lansia Cenderung Salah, Mengira Pedal Gas Sebagai Rem

Berita Kesehatan, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Hasil scan / memindai otak orang tua dan mahasiswa saat melakukan simulasi pengereman dan akselerasi, para peneliti di Jepang telah menemukan bahwa peserta yang lebih tua memiliki waktu reaksi yang lebih lama, waktu pengambilan keputusan yang lebih lambat, dan aktivasi otak yang lebih besar di bagian otak yang terlibat dengan tugas penghambatan dan pengalihan. Temuan ini menunjukkan wawasan tentang penyebab kecelakaan yang melibatkan pengemudi lanjut usia yang salah mengira rem sebagai pedal gas.

Seperti diberitakan di media, kecelakaan meningkat di mana pengemudi yang lebih tua salah menginjak pedal gas dan bukan menginjak rem. Prihatin bahwa penurunan kognitif mungkin menjadi penyebab utama insiden semacam itu, Badan Kepolisian Nasional Jepang, negara dengan salah satu populasi tertua di dunia, mewajibkan orang dewasa berusia di atas 75 tahun untuk mengikuti tes kognitif berkala. Namun, beberapa penelitian telah menyelidiki fungsi eksekutif dan aktivitas otak di antara orang dewasa yang lebih tua dalam hal respons kaki selama pengereman dan akselerasi.

Untuk mengatasi kesenjangan ini, sebuah kelompok yang dipimpin oleh Profesor Nobuyuki Kawai dari Sekolah Pascasarjana Informatika di Universitas Nagoya di Jepang memindai otak orang tua dan mahasiswa saat melakukan simulasi pedal-menekan. Para peneliti sangat tertarik pada korteks prefrontal dorsolateral kiri, bagian otak yang terkait dengan penghambatan dan respons peralihan.

Untuk mensimulasikan respons kaki dan tangan seseorang saat mengemudikan mobil, mereka menciptakan tugas baru di laboratorium yang disebut tugas pemilihan respons bimanual dan bipedal dan kompatibilitas posisi respons. Selama tugas ini, sinyal mengarahkan peserta untuk menekan tombol kiri atau kanan dengan kaki kiri atau kanan, atau tangan kiri atau kanan.

Terkadang peserta menekan pedal di depan mereka, sedangkan di lain waktu mereka harus menekannya secara diagonal. Ini dilakukan untuk memungkinkan para peneliti menilai bagaimana peserta merespons dalam situasi di mana beban kognitif lebih tinggi. Memberikan tugas ini kepada mahasiswa dan peserta lanjut usia, para peneliti kemudian memantau aliran darah di otak mereka. Hasilnya dipublikasikan di Behavioral Brain Research .

Mereka menemukan bahwa peserta yang lebih tua memiliki waktu reaksi yang lebih lama, waktu pengambilan keputusan yang lebih lambat, dan aktivasi otak yang lebih besar daripada orang yang lebih muda. Selanjutnya, menekan pedal diagonal membutuhkan waktu reaksi yang lebih lama dan aktivasi otak yang lebih besar daripada menekan langsung ke depan di korteks prefrontal dorsolateral kiri. Menariknya, ini hanya ditemukan ketika orang diminta untuk menggunakan kaki mereka tetapi tidak dengan tangan mereka. Singkatnya, orang yang lebih tua harus melakukan pemikiran yang lebih aktif daripada orang yang lebih muda ketika memutuskan ‘pedal’ mana yang harus ditekan dengan kaki mereka.

“Ini menunjukkan bahwa beban kognitif lebih tinggi saat mendorong pedal secara diagonal dengan kaki, seperti saat menekan rem,” jelas Profesor Kawai.

“Ketika Anda mendorong pedal diagonal dengan kaki Anda, Anda menggunakan lobus frontal lebih banyak daripada saat Anda mendorong pedal lurus ke depan. Secara khusus, lobus frontal dorsolateral kiri, yang penting untuk peralihan respons, lebih aktif ketika kaki ditekan pada sudut daripada saat pedal ditekan lurus. Dalam tugas ini, orang dewasa yang lebih tua memiliki aktivitas saraf yang lebih tinggi di seluruh lobus frontal daripada mahasiswa .”

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengimbangi penurunan fungsi kognitif, aktivasi otak yang lebih besar mungkin diperlukan pada orang tua. Orang yang lebih tua mungkin kesulitan dalam situasi dengan beban kognitif yang tinggi, seperti memarkir kendaraan di tempat yang sempit. “Studi ini menunjukkan bahwa kinerja orang dewasa yang lebih tua rentan dalam situasi ini,” jelas Profesor Kawai.

“Pengemudi lansia tidak boleh terlalu percaya diri bahwa mengemudi mereka baik-baik saja. Bahkan orang tua yang biasanya dapat mengemudi tanpa masalah, ketika beban kognitif diterapkan, seperti ketika berpindah dari satu tempat parkir ke tempat parkir lainnya atau ketika berbicara dengan penumpang, hal-hal mungkin berbeda dan ada kemungkinan salah menginjak pedal. Kami percaya bahwa penting untuk mengedukasi pengemudi lanjut usia tentang fakta ini.”

210

source : sciencedirect