by

Dikukuhkan Gubernur Anies, Paskibraka DKI Jakarta

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengukuhkan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Balai Agung, Senin (15/8).

Keseluruhan Anggota Paskibraka ini nantinya akan bertugas pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta, tanggal 17 Agustus 2022 di Lapangan Silang Monas. Dalam sambutannya Gubernur Anies mengawali dengan menyampaikan selamat kepada para anggota dan orang tua anggota Paskibraka.

“Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang hari ini dilantik menjadi Paskibraka DKI Jakarta. Saudara sudah melewati proses seleksi yang panjang sehingga terpilih dan dikukuhkan menjadi pengibar bendera,” ucap Gubernur Anies, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Pemprov DKI Jakarta.

“Selamat juga kepada para orang tua yang telah mendidik, membesarkan, menyiapkan anak-anaknya sehingga siap diajukan ke depan mengambil tanggung jawab untuk mengibarkan Sang Merah Putih. Kepada para orang tua kami sampaikan terima kasih,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Anies juga berpesan agar para anggota Paskibraka memaknai pengibaran bendera Merah Putih tidak sekadar seremonial saja, melainkan dimaknai dengan kebanggaan dan rasa nasionalisme para anggota Paskibraka di manapun mereka berada serta di sektor apapun mereka berkarya di masa depan.

“Anda mendapat tugas mengibarkan Sang Merah Putih, dilatih, dipersiapkan dan mendapatkan amanat lebih dari sekadar mengibartinggikan bendera. Sadari bahwa sesungguhnya tugas yang diembankan adalah bukan sekadar mengibarkan sang merah putih pada upacara besok, tugas dari Anda semua adalah mengibartinggikan Sang Merah Putih sepanjang hayat dikandung badan,” pesannya.

“Anda bertugas di mana pun dan di bidang apapun Anda nanti, maka ingat slayer merah, lambang garuda, dan Merah Putih yang menempel di dada Anda itu kibar tinggikan di tempat manapun. Karena Anda memiliki masa depan lebih banyak dari masa lalu, Anda mendapat tugas mulia, ingat tugas ini untuk diemban sepanjang perjalanan ke depan,” lanjutnya.

Gubernur Anies juga mengingatkan bahwa kemerdekaan yang kita semua rasakan kini merupakan buah hasil dari perjuangan para pendahulu. Termasuk juga pengibaran Sang Merah Putih yang membutuhkan banyak sekali pengorbanan.

“Anda bertugas mengibarkan merah putih di kota di mana merah putih ini dikibarkan. Diperlukan perjuangan yang amat panjang tak terhitung jumlah nyawa, harta, tenaga, pikiran, yang dikorbankan, hari ini Anda bertugas mengibarkan diperlukan 3-4 menit. Tetapi orang tua pendahulu kita para pejuang untuk mengibarkan sang Merah Putih butuh tahunan, puluhan yang penuh dengan pengorbanan,” paparnya.

“Maka kerjakan tugas ini dengan penuh kesukarelawaan, pastikan niat tulus, ikhtiar tuntas, dan kerjakan sepenuh hati, jadilah teladan bagi semua,” pesannya.

Jmy