by

Bupati Samosir Apresiasi Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) Dinkes Provsu

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST mengapresiasi pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, di Komplek SMA Negeri 1 Onan Runggu, Desa Pakpahan, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir, Rabu (13/12).

“Selamat datang di Samosir, bapak/ibu Dokter dan Tim Kesehatan. Saya, atas nama pemerintah dan masyarakat Samosir menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran tim dari Dinkes Provsu yang melaksanakan pelayanan kesehatan bergerak di Kabupaten Samosir”, ujar Bupati Samosir Vandiko Gultom, ST.

Bupati menyampaikan, bahwa program Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) ini merupakan salah satu upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama di daerah yang aksesnya terbatas. Oleh karenanya, pelayanan kesehatan gratis ini, patut dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga Samosir, khususnya masyarakat Desa Pakpahan, Onan Runggu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.

“Kami berharap, tahun depan kegiatan serupa juga dapat dilaksanakan kembali di Samosir, terutama pada pelayanan operasi mata katarak, karena hingga saat ini, Samosir belum memiliki Dokter Spesialis Mata”, harap Bupati Vandiko Gultom.

Sementara itu, Ketua Tim PKB Dr. Yulia menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan bergerak ini merupakan program pelayanan kesehatan terpadu Dinas Kesehatan Provsu dan Dinas Kesehatan Samosir. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari, tanggal 12-16 Desember 2022.

Ditambahkan, dengan membawa 50 orang Tim Medis, kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) di Samosir meliputi, penyuluhan kesehatan, inspeksi kesehatan lingkungan, pengobatan umum, pengobatan spesialistik, Penyuluhan PHBS/Kesehatan Gigi dan Mulut, di sekolah-sekolah dan peningkatan kemampuan tenaga kesehatan dan kader (asuhan mandiri pemanfaatan Toga dan acupressure, STBM dan KIA).

Kegiatan ini selanjutnya diharapkan dapat dilaksanakan secara berkala dan rutin oleh daerah sehingga masyarakat lebih mudah untuk mengakses pelayanan kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat.

Turut mendampingi Bupati Samosir pada kegiatan tersebut antara lain, Danramil Kapt. Inf. Sugino, Kadis Kesehatan dr. Dina Hutapea, Staf Ahli Bupati Rudi SM. Siahaan, Kepala BPBD Sarimpol Simanihuruk dan Camat Onan Runggu.

(Polhut)