by

Dampingi Presiden Tinjau Pasar Minggu, Pj Gubernur Heru Pastikan Stok Aman Dan Harga Terkendali Jelang Lebaran

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mendampingi Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meninjau Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dalam rangka memastikan pasokan pangan pokok dan harga jelang Lebaran, Kamis (13/4).

Pj Gubernur Heru mengatakan, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan pemantauan dan antisipasi terhadap stok pangan.

“Kami bersama seluruh pihak terkait akan terus memastikan bahwa masyarakat mendapatkan pasokan bahan pokok dan pangan yang cukup. Sebab stok pangan yang aman dan lancar akan memberikan jaminan kestabilan harga pangan selama bulan puasa hingga menjelang Lebaran,” ujar Pj Gubernur Heru.

Dalam tinjauan tersebut, Presiden Jokowi dan rombongan turun langsung untuk mengecek harga di pasar mulai dari telur, ayam, bawang merah, dan cabai. Berdasarkan tinjauan, harga pangan pokok terpantau terkendali dengan baik yang menandakan pasokan lancar, kecuali bawang bombay yang naik harganya.

Hal senada disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau harga komoditas dan sembako di Pasar Minggu. Berdasarkan hasil pengamatannya langsung, terlihat harga-harga bahan pokok menjelang Lebaran 2023 tetap stabil.

“Ya, yang paling penting harga bahan-bahan pokok tidak ada yang naik. Banyak yang turun, yang naik hanya bawang bombai, yang lain tidak. Telur bagus, ayam baik, kemudian bawang merah juga baik, cabai dulu sampai Rp 100.000, sekarang Rp 35.000 – Rp 40.000. Saya kira semuanya baik, artinya pasokannya lancar sehingga harganya jadi turun,” ujar Presiden Jokowi.

Sebelum ke Pasar Minggu, Presiden Jokowi turut mengunjungi Pasar Tugu Palsigunung, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat untuk mengecek harga bahan pangan pokok yang ada di pasar tersebut menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Presiden Jokowi memastikan harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Tugu masih cukup stabil, mulai dari bawang, telur, hingga daging ayam. Namun, harga beras di pasar tersebut masih cukup tinggi. Untuk mengatasi harga beras yang belum terkendali, Presiden Jokowi telah menginstruksikan Bulog untuk segera melakukan langkah cepat. Salah satunya dengan mengadakan operasi pasar agar harga beras menjadi stabil.

Selain memantau harga pangan, Presiden Jokowi berkesempatan menyapa warga, serta memberikan bantuan sembako kepada para pedagang dan pengunjung pasar.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono dalam peninjauan di Pasar Minggu, yaitu Menteri BUMN, Erick Thohir; Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, Muhamad Mardiono; Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin beserta jajarannya dan Dirut Perumda Pasar Jaya, Tri Prasetyo.

210