by

SD Negeri 6 Hariarapohan Raih Juara Umum KS20 Piala Djaisorba Sihotang Tahun 2022

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kompetisi Sains, Seni dan Olahraga (KS20) tingkat SD se Kenegerian Sihotang, Kecamatan Harian, resmi di tutup. Sabtu (14/8/2022), oleh Jonson Gultom, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Harian, Eybarda Simbolon kepada Olnewsindoensia. Com.

“Kompetisi Sains, Seni dan Olahraga (KS20) tingkat SD se Kenegerian Sihotang, Kecamatan Harian, resmi di tutup. Sabtu (14/8/2022), oleh Jonson Gultom, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Samosir, Sumatera Utara”, ungkap Eybarda Simbolon.

KS20 ini lanjut Eybarda, setiap tahunnya digelar memperebutkan Piala bergilir DJAISORBA SIHOTANG, yang mana DJAISORBA SIHOTANG merupakan putra asal kenegerian Sihotang, pemerhati dan peduli akan pendidikan di kampung halamannya.

“SDN 6 Hariarapohan Raih Juara Umum KS20 Piala DJAISORBA SIHOTANG Tahun 2022, dengan perolehan jumlah medali 4 Emas, 1 Perak dan 1 Perunggu”, sebutnya.

Kompetisi Sains ini digelar lanjut Eybarda, sebagai wahana peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat dibidang Numerasi, Seni dan Olahraga. Sehingga peserta didik dapat berkreasi dan mengembangkan aspek kepribadian dan kemampuannya.

“Memotivasi para peserta didik untuk selalu meningkatkan intelektual, emosional dan spritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga peserta didik memacu kemampuan bernalar”, ujar Eybarda Simbolon.

Selain itu tambah Eybarda, juga digelar Festival Literasi, Numerasi, Seni dan Olahraga tingkat SMP Negeri 2 harian serta Lomba Kreativitas Potensi Anak Paud atau Kelompok Bermain (KB) se Kenegerian Sihotang.

“Juga memotifasi para guru untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran bidang studi Numerasi, Seni dan Olahraga dan memotivasi lembaga pendidikan untuk meningkatkan kwalitas pendidikan se kenegerian Sihotang”, pungkasnya.

Dikutip Olnewsindonesia.com, berikut perolehan Medali Emas, Perak dan Perunggu Kompetisi Sains, Seni dan Olahraga (KS20) tingkat SD se Kenegerian Sihotang tahun 2022 adalah sebagai berikut :
1) SD Negeri 6 Hariarapohan : 4 Emas, 1 Perak dan 1 Perunggu,
2). SD Negeri 7 Siparmahan : 0 Emas, 3 Perak dan 3 Perunggu,
3). SD Negeri 8 Sampurtoba : 1 Emas, 2 Perak dan 3 Perunggu,
4). SD Negeri 9 Sampurtoba : 2 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu, dan
5). SD Negeri 11 Siparmahan : 2 Emas, 1 Perak dan 1 Perunggu

Dan Sesuai dengan jumlah Peraih Medali Emas, Perak dan Perunggu yang mengacu kepada Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains, Seni dan Olahraga SMP Negeri 2 Harian tingkat SD seKenegerian Sihotang tahun 2022 maka dengan itu yang berhak membawa pulang Piala Bergilir Djaisorba Sihotang adalah SD Negeri 6 Hariarapohan.

Turut hadir Pemerhati Pendidikan asal Sihotang sekaligus Donatur Utama Kegiatan KS2O DJAISORBA SIHOTANG, atau yang diwakili Kepala Desa Siparmahan, Kepala Desa Dolok Raja, Kepala Desa Hariarapohan, Kepala SD se Kenegerian Sihotang, Kepala KB se Kenegerian Sihotang, Komite Sekolah Tokoh Masyarakat, Bumdes Hariarapohan, Rekan Pers dan Orangtua Peserta Didik.

(JuntakStar)