by

JOSS Diluncurkan Di Pusat Grosir Cililitan Oleh Dinas PPKUKM

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta meluncurkan Jakpreneur One Stop Service (JOSS) di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Cawang, Jakarta Timur.

JOSS merupakan pusat informasi dan konsultasi pengembangan UMKM di DKI Jakarta. Sebelumnya, JOSS juga sudah diluncurkan dan beroperasi di Metro Mall Cipulir dan ITC Cempaka Mas.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, JOSS didirikan dengan tujuan untuk menjadi pusat informasi dan konsultasi kewirausahaan bagi masyarakat.

Setiap gerai JOSS akan dijaga petugas pendamping kewirausahaan yang telah dilatih dan memiliki pemahaman terkait kewirausahaan.

“Pendamping inilah yang nantinya membantu memberikan fasilitasi kewirausahaan kepada masyarakat,” ujar Ratu, Kamis (14/7).

Menurut Ratu, saat ini, terdapat tujuh fasilitas utama Jakpreneur atau disebut 7 Langkah Pasti Sukses (7 PAS) yang terdiri dari Pendaftaran, Pelatihan, Pendampingan, Perizinan, Pemasaran, Pelaporan Keuangan dan Permodalan.

“Melalui JOSS, masyarakat diharapkan dapat lebih mudah mengakses layanan Jakpreneur dan informasi seputar kewirausahaan,” katanya.

Ratu menyampaikan, misi utama dari Jakpreneur untuk mengembangkan potensi kewirausahaan di DKI Jakarta dengan harapan dapat mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membina 319.234 UMKM anggota Jakpreneur. Dengan jumlah anggota yang luar biasa besar, maka diperlukan perluasan dan kemudahan akses bagi masyarakat untuk dapat menerima fasilitas Jakpreneur.

“Beberapa upaya yang telah dilakukan seperti membuka klinik konsultasi kewirausahaan di kantor kecamatan,” tandas Ratu.

210