by

Jambore Nasional Pramuka XI Resmi Dibuka di Buperta Cibubur

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Jambore Nasional Pramuka XI, Minggu (14/8), resmi dibuka di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan yang diikuti 9.468 peserta dari 34 kwartir daerah (Kwarda) ini dibuka Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen Pol (Purn) Budi Waseso didampingi Asisten Kesra Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Uus Kuswanto.

Uus mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi berbagai unsur mulai dari Kementerian BUMN, pemerintah daerah, BUMD dan stakeholder lainnya. Sebagai tuan rumah, Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi segala kebutuhan kontingen dari 528 perwakilan kwartir cabang dan satuan komunikasi Pramuka yang ikut kegiatan ini.

“Kami bangga kembali jadi tuan rumah. Semoga kegiatan berjalan lancar, aman dan nyaman,” katanya.

Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kwarda DKI Jakarta, Ratiyono menambahkan, dalam kegiatan Jambore Nasional XI 2022 ini ada 19 OPD Pemprov DKI yang terlibat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Dia mengungkapkan, sejak Februari lalu Dinas Bina Marga DKI sudah membantu melakukan pemerataan lahan untuk areal camping serta memperbaiki akses jalan di pintu gerbang utama.

Kemudian UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI membersihkan area waduk untuk kegiatan petualangan air. Dinas Perhubungan DKI menyiapkan 20 bus Trans Jakarta dan 34 bus sekolah untuk mendukung kegiatan edukasi wisata.

Lalu, Dinas Kesehatan DKI menyiapkan tenaga medis berikut dengan ambulans.

“Ini adalah bentuk riil dukungan Pemprov Jakarta,” tukas Ratiyono.

Dalam kegiatan Pramuka tingkat nasional ini, jelas Ratiyono, Pemprov DKI mengirimkan enam kwarda. Tiap kwarda terdiri dari delapan Pramuka putra dan delapan putri didampingi tim pendamping.

“Kami juga mengikutsertakan empat peserta berkebutuhan khusus,” pungkasnya.

Jmy