by

Bupati Karo Perintahkan PUPR Perbaiki Jalan Ring Road Rumka Yang Amblas

Berita Karo.Olnewsindonesia.Kamis(14/01/21)

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH didampingi kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Msi, Kadis PUPR Eduward Pontianus Sinulingga, Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba, kepala desa (Kades) Rumka Apul Brahmana, tinjau jalan lingkar Ring Road longsor dan amblas sedalam 12 meter Kamis (14/01) 2021 pukul 14.00 WIB di Rumah Kabanjahe .

Dalam peninjauan, Bupati Terkelin Brahmana sempat berbincang bersama Kades Rumka, bahwa jalan Ring Road yang amblas ini tiga pekan yang lalu didapat informasi akibat faktor curah hujan yang tinggi sehingga jalan ini terkikis dan terjadi longsor.

Faktor bencana ini, kita harus sigap dan segera ambil sikap dan tangani langsung, agar tidak memakan korban saat ada pengguna jalan yang lewat. Ini perlu perhatian bagi OPD untuk langkah kedepan segera tampung anggaran dan perbaiki sesuai kondisi keadaan gestur kemiringan jalan, tekhis PUPR yang lebih tahu, “kata Terkelin.

Ket foto  : jalan Ring Road  Rumka yang amblas akibat curah hujan yang yang tinggi, Kamis (14/01) 2021 (Ist)
Ket foto : jalan Ring Road Rumka yang amblas akibat curah hujan yang yang tinggi, Kamis (14/01) 2021 (Ist)

Namun demikian Terkelin meminta kepada Kades Rumah Kabanjahe (Rumka) agar mengingatkan warganya untuk sementara lewat jalan ini hati hati, sebab jalan ini yang terdekat dengan warga Rumka ,sedangkan bagi orang lain melewati jalur ini juga perhatikan keselamatan. Kedepan Dinas PUPR akan buat tanda dan rambu bahwa jalan ini sedang rusak,”ucapnya.

Kepala PUPR Eduward Pontianus Sinulingga membenarkan jalan ini saat terjadi amblas dan longsor telah mendapat pemberitahuan dari pihak Kades Rumka. Hal ini sebelumnya telah kita utus tim dari PUPR melihat kondisi jalan agar dapat hitungan perkiraan sementara dalam biaya anggaran.

Sesuai penekanan bapak Bupati Karo, agar jalan ini segera ditangani dan diperbaiki, Eduward Pontianus Sinulingga menyebutkan dalam waktu dekat ini sudah kita lakukan perbaikan. Jika tidak salah, sekitar maret 2021 pengerjaan perbaikan sudah kita mulai. Iya, secepatnya, dikerjakan masalah anggaran juga sudah kita tampung di INDUK APBD dengan HPS (harga perkiraan sementara) dalam pengerjaan pemasangan bronjong atau tembok pembatas penahanan dengan panjang 15 meter dengan kedalaman lebih kurang 12 meter,”terang Kadis PUPR ini.

Sementara Kades Rumka Apul Brahmana, sangat berterimakasih kepada rombongan Bupati Karo yang begitu respon dalam menyikapi keluhan masyarakat. Tentu ini atas nama masyarakat Rumka kami berharap perbaikan segera dilaksanakan sehingga warga tidak merasa resah dan takut sebab sewaktu waktu bisa memakan korban dan keselamatan orang lain saat melalui jalan tersebut, “ujarnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.