by

Bupati Karo Kagumi Musik Campursari Diatonis dan Pentatonis, Mendukung Kegiatan Seni & Budaya Kaum Milenial

Berita Tanah Karo, Online News Indonesia, Minggu (14/10)

Dalam Launching Pertama Grup musik “Sada Kata” di Cafe Jabu Jalan Perwira Berastagi , yang dilaksanakan jumat (12/10) 2018 pukul 21.00 WIB, dengan pemain bertalenta di bidang nya, yakni di Drum dimainkan oleh Jaka Pramana Sitepu, Guitar Fendi Ginting, Bass Manase Surbakti, Ngindung Sandro Sigiro, di alat musik Keteng Sander Sagala, Anak Gong Aldes, Kulcapi Darta Surbakti, Keybord Hebri Ginting, Saxophone oleh Boy Bearon Ginting.

Bupati Karo bersama personil group musik Sada Kata berfose dengan menunjukkan CD perdana dari grop Musik tersebut di Cafe Jabu Berastagi
Bupati Karo bersama personil group musik Sada Kata berfose dengan menunjukkan CD perdana dari grop Musik tersebut di Cafe Jabu Berastagi

Pada Launching Grup Musik ” Sada Kata ” ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana hadir langsung di Cafe Jabu. Musik yang ditampilkan mengambil warna musik campursari, dimana paduan musik mengacu pada pencampuran beberapa jenis alat musik yang sudah trend dan diaransemen dengan Diatonis dan Pentatonis.

Hal ini dijelaskan oleh Joy Harlim Sinuhaji yang akrab dipanggil Noning saat hendak tampil menyumbangkan beberapa lagu, untuk menghibur para penonton dan pemirsa yang hadir di Cafe Jabu. Modifikasi musik dengan Diatonis dan Pentatonis sungguh luar biasa, sebab jarang ditemukan menggunakan 5 (lima) nada skala Diatonis dan 7 (tujuh) nada skala pentatonis, ujar Noning menjelaskan.

Masih menurut Noning “Saya kagum terhadap group yang dilakoni oleh muda/i Berastagi, kiranya dengan kehadiran Bupati Karo dapat memberikan masukan dan perhatian terhadap perkembngan musik tradisional ini,”Harap Noning.

Bupati Karo Terkelin Brahmana ketika dipersilahkan panitia naik panggung untuk memberikan sambutan, tanda telah di Launching Group musik” Sada Kata, mengatakan “Sangat terpesona ketika mendengar musik yang telah di modifikasi di iringi dengan alat alat musik lainnya, dengan menghasilkan musik baru dan berinovasi,’ ungkap Terkelin Brahmana.

“Dengan kehadiran perpaduan berbagai alat musik ini, mudah mudahan kedepan bukan ini yang pertama di Berastagi, jika perlu buatkan ke desa desa yang ada di Kabupaten Karo, pada prinsipnya Pemda siap membantu, apalagi musik ini dapat mendongkrak dibidang Parawisata, Nah jika perlu pada hari Sabtu dan Minggu dimainkan di Gedung kesenian Taman Mejuh juah Berastagi. Yang penting mari Group Sada Kata berkolaborasi dengan Pemda Karo, apa yang perlu dibantu, Pemda akan perhatikan,” tambah Bupati.

Sebagai bentuk kepedulian dan membantu group Sada Kata yang telah merilis 6 (enam) tembang lagu dalam bentuk satu Compack Disk (CD) yang akan dijual dalam Launching tersebut, dimana Bupati Karo membeli sebanyak 50 keping CD , dengan harga satu kepingnya Rp. 30.000.-, ” ini bukan akhir, tapi apa yang saya perbuat ini sebagai awal penyemangat Group ”Sata Kata”, kata Bupati kembali .

Pantauan media disaat malam launching, keping CD yang dibeli Bupati Karo berjumlah 50 Keping CD , diserahkan kembali kepada tim panitia untuk dibagikan kepada pengunjung yang hadir saat itu, disusul seorang pengusaha Travel di Berastagi M. Barus tidak ketinggalan setelah melihat Bupati Karo membeli 50 keping CD, Dia juga membeli 35 keping CD.

Masih di tempat yang sama, perwakilan Group Musik Sada Kata, Hebri Ginting, mengatakan terimakasih kepada Bupati Karo yang telah berkenan hadir dalam Launching tersebut, dan para pengunjung yang telah hadir , yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, ” ucapnya.

Disebutkan Hebri , lagu dalam bentuk CD yang telah dirilis untuk diperjualbelikan ada 6 judul lagu dalam CD tersebut, bagi yang berminat silahkan membelinya, dengan judul lagu : Leto Paya, Ue, Enggo Me, Tao Toba, Mataniari, dan Sae mai, maka selanjutnya selesai Launching pertama ini, group Sada Kata akan melaunching sesi kedua pada tanggal 19 Nopember 2018 di Balai Zeqita medan, ini juga kami harapkan dukungan dan kehadiran Bupati Karo ,” tandasnya .

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.