by

Tiga Buku Perjalanan Jakarta Diluncurkan Dinas Kominfotik

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) meluncurkan tiga buku sekaligus tentang Pengalaman Jakarta: Transformasi Digital Pemprov DKI Masa Pandemi, Jakarta Kota Kita dan Kabar Gembira dari Jakarta, Rabu (12/10).

Buku berjudul Pengalaman Jakarta : Transformasi Digital Pemprov DKI Masa Pandemi merupakan catatan-catatan pendokumentasian perjalanan dan kinerja Dinas Kominfotik DKI Jakarta yang didukung berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penanganan pandemi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan, pandemi COVID-19 merupakan momentum yang pantas dicatat dan diinformasikan sebagai bagian penting perjalanan semua unsur.

Terutama Dinas Kominfotik DKI Jakarta yang bekerja melayani masyarakat dalam hal informasi dan dijembatani teknologi informasi.

Atika menjelaskan, buku yang ditulis Dhini Gilang Prasati ini merangkum pengalaman kerja Dinas Kominfotik DKI Jakarta di masa pandemi.

Meski di tengah suasana mencekam, Dinas Kominfotik DKI Jakarta bekerja melayani, melindungi dan menjaga Jakarta. Secara khusus dalam penyebarluasan informasi yang membantu masyarakat menghadapi masa pandemi.

“Buku ini berisi catatan pendokumentasian kinerja Dinas Kominfotik DKI Jakarta dalam masa pandemi. Mudah-mudahan menjadi sebuah monumen penting dalam perjalanan Dinas Kominfotik ke depan,” ungkap Atika di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta.

Sementara buku berjudul Jakarta Kota Kita menceritakan perjalanan Jakarta selama lima tahun beserta informasi tentang capaian maupun keberhasilan yang didapat jajaran Pemprov DKI Jakarta.

“Luar biasa informasi di dalamnya karena juga menyajikan fakta-fakta. Sehingga apa yang disampaikan dalam buku ini memberikan hal-hal positif kepada pembaca dan masyarakat,” kata Atika.

Buku berjudul Kabar Gembira dari Jakarta yang ditulis oleh tim Unit Pengelola Statistik juga menghadirkan informasi capaian yang lengkap atas perjalanan Jakarta dalam lima tahun ini. Bukan hanya tentang berbagai program besar seperti infrastruktur, transportasi publik, atau transformasi digital, tetapi juga terkait kebutuhan dasar dan penting masyarakat.

Seperti, pemenuhan sanitasi sehat, ruang terbuka hijau yang inklusif dan merata hingga tentang bantuan sosial yang melibatkan lebih dari 500 co-creator.

Informasi capaian ini disajikan dalam visualisasi grafik statistik yang diolah agar memudahkan pemahaman pembaca, termasuk agar pembaca lebih mudah mendapat esensi dan fakta yang ada di lapangan.

“Kami bersyukur segala dan fakta capaian tersebut positif dan menunjukkan bahwa Jakarta semakin menuju ke titik Maju Kotanya, Bahagia Warganya,” ucap Atika.

Atika mengaku, peluncuran tiga buku ini menjadi momen mengharukan baginya. Karena selain merasakan perjalanan bersama Dinas Kominfotik DKI Jakarta hingga kemudian dibukukan, tapi juga menyimpan banyak memori di dalamnya.

“Buku ini berisi pendokumentasian yang bukan hanya data-data yang ada di dalam, tapi cerita-cerita di dalamnya itu menggugah emosi dan rasa. Ini semua sesungguhnya selebrasi dari kerja keras dan kinerja dari jajaran Dinas Kominfotik DKI Jakarta,” kata Atika.

Ia menambahkan, Dinas Kominfotik DKI Jakarta berkolaborasi dengan penerbit Balai Pustaka untuk mencetak ketiga buku yang akan didistribusikan ke perpustakaan dan diberikan kepada kolaborator dan co-creator, termasuk pihak-pihak yang telah berjuang di masa pandemi.

“Mudah-mudahan melalui buku ini pengalaman Jakarta di masa pandemi dapat menjadi pelajaran berharga buat kita semua,” tandas Atika.

210