by

Situasi Masih Mencekam Akibat Rusuh,Bupati Karo Datangi Rutan Kabanjahe

Berita Karo.OLNewsIndonesia,Rabu(12/02)

Masih dalam situasi mencekam dan Api masih membakar gedung Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Asisten Pemerintahan Setdakab Karo, Drs Suang Karo-karo, Kakan Satpol PP, Hendrik Tarigan mengunjungi Rutan Kelas IIB Kabanjahe dijalan Byangkara Kabanjahe untuk memastikan kondisi paska kebakaran, Rabu (12/02) 2020 pukul 15.00 WIB.

Yang mana Bupati Karo juga sempat mengelilingi bagian dalam dan luar bangunan, bahkan Terkelin Brahmana juga menyempatkan naik ke bagian menara Rutan Kelas II B Kabanjahe, untuk melihat kondisi yang sedang terjadi. Menyangkut kebakaran yang diduga dipicu kerusuhan didalam lapas, Bupati Karo mempercayakan sepenuhnya kepada pihak Rutan dan Polres Tanah Karo dengan dibantu pihak Kodim 0205/TK serta Yonif 125/Smb.

Terkelin mengatakan, “kerusuhan tersebut masih dapat dikendalikan oleh aparat gabungan Polri /TNI, untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat, tetap tenang, jangan percaya berita hoax dan berita yang tidak jelas sumbernya, mari kita tunggu hasil dari pihak yang berwenang, yang jelas korban jiwa saat ini belum ada kita dengar,”terangnya.

Ket foto : Bupati Karo Didampingi Asisten Pemerintahan Setdakab Karo saat Berbincang serius bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan wilayah Sumatera Utara, di Rutan Kabanjahe, Rabu (12/02) 2020 (Ist)
Ket foto : Bupati Karo Didampingi Asisten Pemerintahan Setdakab Karo saat Berbincang serius bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan wilayah Sumatera Utara, di Rutan Kabanjahe, Rabu (12/02) 2020 (Ist)

Terlihat Mhd Jahari Sitepu SH MSI kepala Divisi Permasyarakaratan Wilayah Sumatera Utara, menemani Bupati Karo keliling bangunan mengatakan saat ini jumlah Warga Binaan ada 410 orang.

Dikatakan Jahari dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, ini karena adanya kesigapan dari Batalyon Infantri Simbisa 125/TK yang mengerahkan 1 pleton lebih personil, Kodim 0205 TK, jajaran Polres Tanah Karo, Satpol PP, serta kesigapan Tim Damkar Pemadam Kebakaran Tanah Karo,”terangnya.

Menurutnya, sempat terjadi insiden perlawan dari warga Binaan Kls IIB Kabanjahe ditengah -tengah kobaran Api, berupa lemparan batu dan sebagainya namun apa sebab, masih belum dapat disimpulkan, kita tunggu saja, sebab masih berlangsung evakuasi untuk menggeser Warga Binaan ke Polres dan Ke Polsek Berastagi dan Tigapanah, “kata Jahari.

Diperoleh informasi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Sutrisman dan sejumlah pejabat penting Kanwil Kemenkumham Sumut serta Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin sedang dalam perjalanan ke Kabanjahe.

Kerusuhan dan kebakaran Rumah Tahanan Negara ini bukan yang pertama terjadi di Sumut. Beberapa waktu lalu peristiwa serupa terjadi di Lapas Tanjung Gusta, Medan, dilanjutkan dengan Lapas Labuhan Ruku di Batubara, dan Lapas Narkotika Langkat di Hinai.

Pantauan crew olnewsindonesia.com sekira pukul 17.45 WIB Rutan Kelas IIB Kabanjahe tersebut langsung dikunjungi Kapoldasu Irjen Martuani Sormin bersama jajaranya untuk melihat secara langsung ke dalam ruang Rutan yang didampingi Bupati Karo Dan tim Labfor dari Poldasu.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.