by

Rutan Kelas IIB Kabanjahe Terbakar,Ratusan Warga Binaan Di Evakuasi

Berita Karo.OLNewsIndonesia,Rabu(12/02)

Ribuan warga sesaki badan jalan disepanjang jalan Veteran hingga ke Jalan Bhayangkara untuk melihat dengan dekat kebakaran Gedung /Kantor dan Rutan (rumah tahanan) Kelas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo yang dilalap Api sekira pukul 12.00 WIB, Rabu (12/02) 2020 yang lokasinya tidak jauh dari Tugu Bambu Runcing Kota Kabanjahe yang menghaguskan seluruh Sel (kamar tahanan).

Ket foto : Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo saat di Evakuasi oleh petugas dari Pos penjagaan, Rabu (12/02) 2020 (Ist)
Ket foto : Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo saat di Evakuasi oleh petugas dari Pos penjagaan, Rabu (12/02) 2020 (Ist)

Atas kebakaran tersebut ratusan orang Narapidana (Napi) ataupun Warga Binaan dalam Rutan yang sudah over kapasitas tersebut terpaksa di Evakuasi oleh Petugas gabungan dari Batalyon 125 Simbisa dan personil Polres Tanah Karo ke tempat yang lebih aman dengan penjagaan super ketat.

Pantauan crew olnewsindonesia.com di lokasi Api tampak masih berkobar hingga hampir menjalar ke rumah Dinas Polres Tanah Karo dan ke Masjid di sebelah Gedung Rutan tersebut,dan saat Api makin membesar Napi belum semua dapat dievakuasi keluar akibat situasi kondisi yang memanas, dimana tampak bebatuan melayang dari dalam ke Rutan hingga akhirnya personil Batalyon 125 Simbisa dan personil Polres Tanah datang untuk membantu mengevakuasi.

Ket foto : Napi (warga Binaan Rutan Klas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo yang di Evakuasi ke Mobil Tahanan, Rabu (12/02) 2020 (Ist)
Ket foto : Napi (warga Binaan Rutan Klas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo yang di Evakuasi ke Mobil Tahanan, Rabu (12/02) 2020 (Ist)

Beberapa waktu kemudian semua unit Mobil Damkar milik Pemkab Karo diturunkan dan datang silih berganti untuk memadamkan Api. Mengingat akses ke Rutan sempit akibat mobil warga yang terparkir di kiri kanan badan jalan membuat sedikit lamban petugas Damkar untuk masuk. Hingga pukul 15.30 WIB petugas Damkar masih menyiram sumber Api.

Kini Para Napi yang berjumlah 400 orang lebih secara estapet di Evakuasi dengan pengamanan ketat oleh petugas gabungan ke truck Polisi dan mobil tahanan Kejari Kabupaten Karo guna di tempatkan ke lokasi sementara oleh pihak petugas. Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe Simson Bangun saat kejadian tidak ada di tempat,yang mana menurut pegawai Rutan sedang menjalani pelatihan ke luar kota.

Menurut salah satu staf wanita berinisial M. (28) yang merupakan pegawai Rutan Kelas IIB Kabanjahe yang saat bertugas dan yang paling terakhir keluar ini menuturkan, kalau masih ada tahanan Wanita dan Pria terjebak di dalam, “saya juga terpaksa menyamar menjadi tahanan Wanita agar bisa lolos dari amukan Warga Binaan, kalau tidak tadi saya ganti baju, mungkin saya sudah tak bisa selamat dari amukan Tahanan,” ucapnya dengan muka pucat.

Dan salah satu menurut Staf lainnya mengatakan, “kalau asal mula Api adalah akibat bentrok ataupun sedikit ada selisih paham antar petugas Rutan dan Warga Binaan, hinga warga binaan tak terima yang berujung pembakaran, “ucapnya sambil memohon untuk tidak di publikasi kan nama Staf tersebut.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.