by

Taxi Tanpa Sopir Di Korea Selatan, Semakin Masifnya Mobil Otonom

Berita Otonomi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Hyundai Motor Grup pada 9 Juni 2022 resmi meluncurkan layanan panggilan mobil otonom (taxi) RoboRide di Gangnam di Seoul, Korea Selatan. Dengan menggunakan teknologi IONIQ 5 battery electric vehicles (BEV) dan kemampuan mandiri dalam pengoperasian dengan nama level 4 autonomous driving technology.

Sementara untuk pengoperasian akan dilakukan Jin Mobility (Perusahaan Korea Pengembang Artificial Intelligence Technology) dan akan bertanggung jawab terhadap dua unit IONIQ 5 RoboRide pada aplikasi iM-nya. Dan secara bertahap layanan akan diperluas sambil menyempurnakan teknologi otonomnya sehingga mampu digunakan di berbagai kondisi dan disempurnakan terus stabilitasnya..

“Di Hyundai Motor Group, kami sedang mengembangkan teknologi mengemudi otonom level 4 berdasarkan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dikembangkan secara internal, yang fungsionalitas dan keamanannya diverifikasi melalui produksi massal dan peluncuran komersial yang sukses,” ujar Woongjun Jang, Wakil Presiden Senior dan Kepala Pusat Mengemudi Otonom Hyundai Motor Group. “Kami berharap layanan percontohan RoboRide ini akan menjadi titik perubahan penting yang memungkinkan kami untuk menginternalisasi teknologi mengemudi otonom.”

“Kami telah memperkuat kemampuan kami dengan bekerja pada penelitian dan pengembangan dengan lembaga terkait. Dimulai dengan layanan percontohan RoboRide bekerja sama dengan Hyundai Motor Group, kami berharap dapat memimpin kancah mobilitas masa depan, ”tambah Lee Seong-wook, CEO Jin Mobility. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan sinergi melalui layanan percontohan ini.”

Melalui uji coba ini, Hyundai berharap dapat mengumpulkan data mengemudi otonom yang berharga dan berencana untuk lebih mengembangkan teknologi mengemudi otonom level 4 untuk bernavigasi dengan aman dan fleksibel di lingkungan perkotaan yang rumit.

Dipastikan Won Hee-ryong, Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, dan Oh Se-hoon, Walikota Seoul City, menjadi pelanggan pertama yang menguji coba kendaraan RoboRide.

Mobil otonom sejak diperkenalkan 5 sampai 15 tahun lalu, semakin banyak dan nyata hadir, khususnya dinegara-negara maju seperti Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat dan Eropa.

210