by

Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Buka Kongres Legiun Veteran Dan Munas Istri Veteran

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo membuka Kongres ke XII Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Munas ke XI Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI) di gedung Balai Sarbini, Jakarta, Selasa (11/10).

Presiden Jokowi dalam sambutan pembukanya mengucapkan terimakasih dan penghormatan kepada para anggota LVRI di seluruh Tanah Air yang telah berjuang merebut kemerdekaan dan tidak pernah lelah terus berbakti kepada bangsa.

“Melalui perjuangan Bapak dan Ibu sekalian, NKRI berdiri tegak, Republik Indonesia terus bergerak maju dan terus bekerja keras mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pun kembali menekankan, situasi ini adalah situasi yang tidak mudah. Situasi yang sangat sulit untuk semua negara. Ia mengatakan bahwa lembaga-lembaga internasional menyampaikan 66 negara berada pada posisi yang rentan untuk kolaps.

“Saat ini 345 juta orang di 82 negara menderita kekurangan akut dan kelaparan. Artinya ada krisis pangan,” kata Presiden.

Presiden Jokowi juga membeberkan bahwa sudah 28 negara antre menjadi peminjam International Monetary Fund (IMF) (Dana Moneter Internasional) diakibatkan krisis global yang melanda saat ini.

“Inilah kondisi yang apa adanya harus saya sampaikan. Artinya pandemi yang melanda semua negara itu mengakibatkan ekonomi global ini ambruk, ditambah perang Rusia dan Ukraina sehingga krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan sekarang ini menghimpit semua negara,” tuturnya.

Senada, Menhan Prabowo pada beberapa kesempatan juga kerap menyampaikan hal serupa bahwa berbagai prediksi menyatakan ke depan situasi dunia bakal semakin sulit meski Indonesia patut bersyukur karena dikaruniai sumber daya alam yang melimpah dan curah hujan di beberapa daerah yang bagus untuk pangan.

“Jadi marilah kita bersatu dalam kebersamaan hanya dengan persatuan dan kebersamaan kita bisa berhasil sebagai negara, ini paling utama,” kata Menhan Prabowo 1 Oktober lalu.

Kongres LVRI Ke XII dan Munas PIVERI Ke XI ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 11 sampai dengan 13 Oktober 2022 dan diikuti oleh 300 peserta terdiri dari pengurus DPP, DPC, 200 orang veteran perdamaian, pengurus PIVERI pusat dan cabang, serta badan pendukung dan anak organisasi.

Pembukaan Kongres ke-XII LVRI ini dihadiri pula oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Sosial Tri Risma Harini, dan Wakil Presiden ke-6 Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno.

Dalam kongres ini diagendakan penyusunan program lima tahun ke depan, dan pemilihan pengurus baru.

Jmy