by

Kunker Komisi IV DPR RI Ke Karo Langsung Tinjau Kentang Bertingkat

Berita Karo.OLNewsindonesia.Senin(11/10/21)

Komisi IV DPR RI melaksanakan Kunjungan Kerja ( Kunker) ke Kabupaten Karo, pada Senin (11/10.2021) disambut langsung oleh Bupati Karo Cory S Sebayang. Dimana kunjungan tersebut diawali dengan peninjauan ke lokasi pengembangan pembibitan komoditas Kentang di Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rayat.

Bupati Karo Cory Sebayang menyampaikan,” terima kasih dan rasa bangga kami ucapkan kepada para Anggota DPR RI Komisi IV atas kunjungan kerjanya ke Kabupaten Karo,” kata Bupati sembari menyebutkan bahwa pembibitan Kentang yang berada di Desa Bukit ini menggunakan metode bertingkat.

Selama ini bibit Kentang didatangkan dari pulau Jawa untuk digunakan di Kabupaten Karo, untuk itu Kabupaten Karo berusaha agar kebutuhan bibit Kentang dapat dihasilkan sendiri di Kabupaten Karo, untuk itu besar harapan kami Dirjen Hortikultura dapat memperhatikan kondisi tersebut,” ungkap Bupati Karo.

Selain itu, Bupati Karo juga berharap kepada PT. Pupuk Indonesia agar kiranya memperhatikan kondisi kesediaan pupuk di Kabupaten Karo, mengingat masyarakat Kabupaten Karo sebagian besar adalah Petani,” harap Bupati Karo ini.

Sementara itu, Dirjen Hortikultura DR. Ir. Prihasto Setiyanto menyebutkan bahwa Kabupaten Karo memproduksi Kentang untuk Provinsi Sumatera Utara sebesar 57%. Dengan kondisi tanah yang subur, Kabupaten Karo ini berpotensi sekali untuk pengembangan Hortikultura, untuk itu kami siap mensuport Kabupaten Karo,” terang Dirjen Hortikultura.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin SE menghimbau kepada Dirjen Hortikultura untuk membangun pembibitan Kentang di Kabupaten Karo, begitu juga kepada PT Pupuk Indonesia Holding Company untuk memperhatikan kondisi pupuk di Kabupaten Karo.

Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Karo ini agar dapat dipenuhi, karena kalau hanya mengandalkan APBD Kabupaten tidak mungkin, yang bisa membantu adalah pemerintah pusat,” ujar Ketua Komisi IV DPR RI tersebut.

Setelah meninjau pembibitan Kentang di Desa Bukit, rombongan Komisi IV DPR RI beserta Bupati Karo melanjutkan kunjungan ke Desa Tongging melaksanakan restocking Ikan dengan menabur benih Ikan Nilem dan Tawes sebanyak 65.000 ekor di Danau Toba kawasan Tongging.

Terkait hal ini,Bupati Karo menyebutkan kiranya agar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar memperhatikan pembangunan Bioflok yang ada di Tongging mengingat KJA sudah tidak diperbolehkan di kawasan Danau Toba.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin SE menyebutkan mengingat keramba tidak boleh lagi di Danau Toba, beliau menghimbau kepada KKP agar membangun bioflok untuk memberikan solusi kepada masyarakat dalam berbudidaya Ikan.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.