by

Kadis Perikanan Karo Tabur 2000 Benih Ikan Nila Di Tambak Desa Sirumbia

Berita Karo.OLNewsindonesia,Senin(11/02)

Untuk meningkatkan perkembangan pembangunan di sektor perikanan,Pemkab Karo melalui Kadis Perikanan Kab Karo tabur benih ikan Nila di tambak Desa Sirumbia Kecamatan Simpang Empat pada Senin ( 11/02) 2019 pukul 17.00 WIB. Penaburan benih ikan sebanyak 2000 (dua ribu) ekor di dampingi Muspika Kecamatan Simpang Empat yang di wakili oleh Danramil Simpang Empat dan Karang Taruna Desa Sirumbia.

Kadis Perikanan Ir. Metehsa Purba mengatakan, “Penaburan benih ikan ini bertujuan untuk menambah populasi dan keanekaragaman jenis ikan. Mencegah terjadinya kepunahan ikan di perairan Kabupaten Karo, khususnya perairan Tambak Kuta Desa Sirumbia ini. Dengan bertambahnya populasi ikan, pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan oleh masyarakat desa untuk memenuhi gizi dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya lagi, 2000 benih ikan Nila yang kita tabur ini bukan untuk budidaya tapi restocking dalam istilah perikanan, maka harapan kami warga desa tolong di jaga dan di rawat. Kali ini 2000 dulu nanti kita lihat perkembangannya kami pantau lagi beberapa bulan kedepan kalau ada perkembangan kita tambah 5000 lagi sesuai muatan kolam. Sekali sekali di kasih makan lah ikan nya biar cepat besar agar kita bisa mancing disini sekalian rileks, tempatnya saya lihat cukup potensial. Kolamnya agar lebih di bersihakan lagi kalau bisa di pagar agar tempat ini kita jadikan tempat santai seperti tempat wisata karena tempatnya masih sangat alami, ” ucapnya .

Ket foto  : Mewakili Muspika , Danramil Simpang Empat Kapten Kav J.Surbakti saat memberikan sambutan sekaligus mengapresiasi warga desa Sirumbia dalam kegiatan penaburan benih ikan di tambak Desa Sirumbia, Senin (11/02) 2019
Ket foto : Mewakili Muspika , Danramil Simpang Empat Kapten Kav J.Surbakti saat memberikan sambutan sekaligus mengapresiasi warga desa Sirumbia dalam kegiatan penaburan benih ikan di tambak Desa Sirumbia, Senin (11/02) 2019

Ujar Kadis lagi, ” Saran saya, untuk tahun depan kita buat budidaya ikan di desa ini, yaitu budidaya ikan menggunakan terpal berdiameter di depan halaman rumah warga, karena saya lihat desa ini cukup potensial, ” kata ” Kadis.

Sementara itu Danramil Simpang Empat Kapten Kav.  J Surbakti menambahkan kepada Karang Taruna yang hadir dalam penaburan ikan, ” kelola lah tempat ini menjadi lebih bagus, tadi saya lihat jalan kebawah sudah bagus di bangun jadi tetap pelihara. Saya juga dengar dari BNN kemarin desa ini juga bersih dari Narkoba maka saya apresiasi warga dan Karang Taruna di sini. Saya sudah sampaikan kepada Dandim, maka bila ada kegiatan Karang Taruna yang positif kabari saja kami siap mendukung, ” kata Danramil.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sirumbia Arijona Sitepu mangatakan, ” atas nama masyarakat desa saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kadis Perikanan Kab Karo beserta rombongan dan juga Muspika Kecamatan Simpang Empat yang di wakilkan bapak Danramil serta rombongan yang sudah mau turun langsung untuk tabur bibit ikan di tambak Tapin Desa Sirumbia. Hal ini cukup bermanfaat bagi masyarakat, maka semampu kami akan menjaga dan mengembangbiakkan benih ikan tersebut yang sudah di tabur sebanyak 2000 ekor tersebut. Untuk saran dan masukkannya dalam hal pembangunan desa, siap kami laksanakan untuk melanjutkan pembangun Desa Sirumbia yang lebih baik kedepannya , ” jelas Kepala Desa.

Monas Ginting perwakilan dari Karang Taruna mengatakan, “banyak terima kasih kami ucapkan kepada bapak Kadis Perikanan dan Danramil atas kepeduliannya terhadap desa kami, kiranya bapak di beri kesehatan dan panjang umur agar bisa terus berbuat baik untuk perkembangan di sektor perikanan khususnya tidak hanya di desa kami tapi juga bisa ke desa desa lain di Kabupaten Karo ini, ” tutupnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.