by

Pemkab Samosir Serahkan Traktor Bantuan Kementan RI

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Melalui sinergitas dengan pemerintah pusat, usulan Pemerintah Kabupaten Samosir untuk mendapat peralatan pertanian membuahkan hasil. Kementerian Pertanian RI memberikan satu unit traktor roda empat untuk membantu petani di Kabupaten Samosir.

Bantuan tersebut diserahkan Bupati Samosir melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Tumiur Gultom didampingi Kepala Dinas Kominfo, Immanuel Sitanggang kepada Jasitor Simbolon selaku ketua kelompok Tani Bina Bersama 1, Desa Sijambur Kecamatan Ronggur Nihuta, 09/11.

Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir, Tumiur Gultom menjelaskan, bantuan tersebut merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian. Usulan tersebut mendapat respon positif dari Kementan yang menyatakan, adanya alokasi satu unit traktor roda empat untuk Kabupaten Samosir. Dengan disetujuinya usulan tersebut, kemudian Dinas Ketapang dan Pertanian pada bulan Oktober mengirimkan nama calon kelompok tani penerima.

“Jadi, bantuan ini dari Kementan ke Pemkab Samosir dan selanjutnya Dinas menyerahkan kepada kelompok tani Bina Bersama 1” Jelas Tumiur Gultom.

Ditambahkan, dalam mendapatkan bantuan tidak terlepas dari perhatian dari berbagai pihak yang menginginkan kemajuan teknologi Pertanian di Kabupaten Samosir. Dalam hal ini, Tumiur menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Anggota DPR RI, Djarot Saiful Hidayat yang juga menjalin komunikasi dengan Kementerian Pertanian sehingga usulan tersebut terealisasi.

Ketua Gapoktan Bina Bersama 1, Jasitor Simbolon menandatangani serah terima traktor. Serah terima barang disertai dengan penandatangan fakta integritas dan Surat Perjanjian Pendayagunaan Bantuan Sarana Prapanen.

Jasitor Simbolon bersama anggota kelompok Tani Bina Bersama 1 mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemkab. Samosir, Dinas Pertanian Kabupaten Samosir atas perhatian dan bantuan yang diberikan.

Selain bantuan dari kementan ini, dalam waktu dekat Pemkab Samosir juga akan menyerahkan 2 unit traktor bersumber dari APBD Kabupaten Samosir tahun 2022.

Dalam pengoperasian traktor, nantinya akan ada pendampingan dari Dinas Ketapang dan Pertanian sehingga penggunaan bantuan betul-betul tepat sasaran dan tidak dimonopoli maupun disalahgunakan. Hal ini juga sesuai dengan fakta integritas yang ditanda tangani ketua kelompok tani penerima, ucap Tumiur Gultom.

(Polhut)