by

Iduladha 1443 H, Seskab: Esensi Kurban adalah Ketulusan dan Keikhlasan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyampaikan ucapan selamat Iduladha 1443 Hijriah.

“Selamat Hari Raya Iduladha 1443 H. Semoga Allah Swt. senantiasa mencurahkan rahmat dan keberkahan-Nya kepada kita semua,” ujar Seskab dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Kabinet (Setkab), Minggu (10/07/2022).

Seskab menilai, esensi dari kurban yang dilakukan umat muslim pada Iduladha adalah ketulusan dan keikhlasan.

“Mari kita jadikan semangat dalam berkurban untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, kecintaan kita kepada Allah Swt,” tuturnya.

Kurban kali ini dilakukan di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di tanah air. Seskab pun berharap persoalan tersebut dapat segera diatasi.

“(Semoga) pandemi ini segera berakhir, termasuk persoalan yang menyangkut PMK (penyakit kuku dan mulut), pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan persnya usai salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/07/2022) mengungkapkan bahwa hari raya Iduladha dimaknai sebagai sebuah ketauhidan dan aktivitas untuk menebarkan kebaikan serta kebahagian kepada sesama umat.

“Hari raya Iduladha kita maknai sebagai sebuah ketauhidan, sebuah aktivitas dengan menebarkan kebaikan yang sebanyak-banyaknya untuk sesama, menebarkan rasa bahagia yang sebanyak-banyaknya kepada kanan-kiri kita, bukan hanya berkorban dalam menyembelih hewan kurban tetapi makna yang tadi saya sampaikan adalah hal yang lebih penting untuk bisa kita lakukan,” ujar Presiden.

210