by

Hari Pahlawan Di Plaza Selatan Monas, Pj Gubernur DKI Jadi Inspektur Upacara

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat.

Turut mengikuti pelaksanaan upacara ini; Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Marullah Matali bersama jajaran Forkopimda, pimpinan Organisasi Perangkat Daeran (OPD), veteran pejuang kemerdekaan, serta Ketua Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi DKI Jakarta.

Dalam upacara tersebut, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membacakan amanat Menteri Sosial RI tentang Hari Pahlawan yang bertemakan ‘Pahlawanku, Teladanku”

Heru berpesan, Hari Pahlawan diperingati dengan renungan untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka. Perjuangan penting untuk diresapi semangat dan keikhlasan. Semangat bergerak serempak mengadang musuh, bergandeng tangan bersama pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati!

”Pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani tidak akan mau menyerah pada siapapun. Masa depan Revolusi Indonesia layak untuk diperjuangkan dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Heru, Kamis (10/11).

Ia mengungkapkan, salah satu ancaman dan tantangan yang dihadapi saat ini di antaranya pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

“Untuk itu, diperlukan kesiapsiagaan menghadapi bencana secara bersama dengan kesungguhan. Marilah bergerak dan maju bersama,” ungkapnya.

Heru juga mengajak semua pihak untuk mengembangkan dan memanfaatkan energi baru dan terbarukan di antaranya pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi memperkuat keragaman pangan. Lalu, mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan kehidupan generasi kini dan mendatang.

“Dari Aceh hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat, serta semangat untuk bangkit, meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi. Inilah tantangan yang sesungguhnya, mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa,” katanya.

Untuk itu, Heru meminta momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 diisi dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

“Jadikanlah nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah dan kehidupan. Kenang dan hormati perjuangan para pahlawan, bangun ingatan kolektif bangsa, perkuat persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pahlawan akan menjadi teladan mengarungi masa penuh tantangan, menata masa depan dan menjadi pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022,” tandasnya.

210