by

Dinas Parekraf DKI Jakarta Gelar Tourism Awards 2022 Adikarya Wisata

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta menggelar malam anugerah Jakarta Tourism Awards (JTA) 2022 Adikarya Wisata, di Flores Ballroom, Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (9/12) malam.

Penghargaan Jakarta Tourism Awards atau dahulu dikenal dengan Adikarya Wisata kini diberikan kepada para pelaku pariwisata dan jasa terkait yang telah berkontribusi nyata untuk mempromosikan pariwisata Jakarta.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) DKI Jakarta, Uus Kuswanto mengatakan, dengan kembali diselenggarakannya JTA 2022 diharapkan mampu menggairahkan semangat para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk terus berkarya serta motor penggerak perekonomian Jakarta dalam menyambut era pasca-pandemi.

“Malam Anugerah JTA 2022 merupakan bentuk apresiasi Pemprov DKI Jakarta bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkinerja unggul dan memberikan kontribusi terhadap wisata dan perekonomian Kota Jakarta,” ujar Uus Kuswanto.

Ia mengungkapkan, seiring semakin membaik penanganan dan pengendalian COVID-19 khususnya di Jakarta saat ini, mobilitas warga kembali bergeliat dan memberikan dampak positif bagi dunia pariwisata.

Jumlah kunjungan wisatawan saat ini terus menunjukkan peningkatan. Berdasarkan data secara kumulatif, jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta tercatat naik sebesar 170,2 persen atau 88.876 kunjungan pada periode Januari hingga April 2022 dibandingkan periode serupa pada tahun sebelumnya yang hanya 32.894 pengunjung.

“Momentum pemulihan ini harus terus dijaga guna memantapkan fungsi dan peran Jakarta sebagai kota berketahanan, persinggahan dan mobilitas jutaan orang, dan sentra bisnis yang terbuka terhadap perkembangan teknologi,” paparnya.

Oleh karena itu, lanjut Uus, Jakarta harus didukung dengan daya tarik pariwisata dan ekonomi kreatif untuk tetap mempertahankan identitas budayanya.

Sementara Ketua Tim dewan juri Jakarta Tourism Awards 2022 yang juga mantan Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, juri telah menetapkan kriteria penilaian bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi yang meraih penghargaan JTA 2022 yakni performance, kontribusi dan komitmen atau dedikasi.

“Kami berharap para penerima penerima penghargaan JTA 2022, semakin bagus di masa mendatang,” tandasnya.

210