by

Karutan Kabanjahe Dan WB Panen Tomat Bersama Sumbang PNBP Untuk Negara

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Inilah kutipan kalimat yang menjadi motivasi bagi Warga Binaan (WB) Rutan Kabanjahe yang mendapatkan bimbingan kerja budidaya Olerikultura (tanaman sayuran) di SAE Juma Rutan Kabanjahe, “Kemarin aku melanggar hukum, hari ini aku belajar dan bekerja agar esok mandiri dan menjadi teladan”.

Diketahui secara geografis, Rutan Kabanjahe diberkahi dengan kesuburan tanah yang mendukung kegiatan bercocok tanam. Dimana masyarakat Tanah Karo sendiri mengandalkan hasil bumi berupa Pertanian sebagai komoditas ekonomi selain dari sektor Pariwisata.

Dengan pembimbingan, pendidikan serta pemeliharaan yang baik dan tepat guna, maka pada hari Kamis, (09/02. 2023), Warga Binaan (WB) Rutan Kabanjahe memanen salah satu hasil budidaya Tanaman Olerikultura berupa buau Tomat. Kepala Rutan (Karutan) Kabanjahe Chandra Syahputra Tarigan juga turut serta bersama dengan staff Bimbingan Kerja dalam kegiatan panen bersama dengan WB.

Panen Tomat kali ini juga menyumbang angka PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) bagi negara. Dimana setiap mendapatkan hasil panen sayur mayur, SAE Rutan Kabanjahe senantiasa menyetorkan hasil penjualannya kepada negara. Selain bentuk pembinaan kepada WB, PNBP ini juga sebagai kontribusi Rutan Kabanjahe untuk membangun negara.

“Hari ini SAE Rutan Kabanjahe kembali menyumbang PNBP bagi negara melalui penjualan hasil tanaman Tomat. Hal ini menunjukkan bahwa WB kami terbukti sudah mendapatkan pelatihan dan pembimbingan yang baik, yang kelak akan menjadi bekal dikala mereka kembali ke masyarakat nantinya. Kedepannya Rutan Kabanjahe akan terus meningkatkan kemampuan bagi WB, yang juga berdampak pada peningkatan PNBP kedepannya,” tutur Kepala Rutan Kabanjahe Chandra Syahputra Tarigan, S.H ini.

Dan untuk diketahui sebagai tambahan informasi, selain Tomat, SAE Rutan Kabanjahe juga membudidayakan tanaman sayur mayur lainnya berupa Jagung, Cabai, Sayur Sawi, dan yang lainnya.

(David)