by

Bupati Samosir Apresiasi Pelaksanaan Try Out Persiapan Seleksi SMA Unggul

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten I Drs. Tunggul Sinaga mengapresiasi pelaksanaan Try Out Siswa SMP Se-Kabupaten Samosir dalam rangka Persiapan Seleksi SMA Unggul Tahun 2023, yang digelar oleh DPC GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia) Samosir. Try Out dengan tema “Bersama Membangun Pendidikan Samosir”, dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pangururan, Kebupaten Samosir, Rabu (8/2).

Dalam acara pembukaan Try Out tersebut, turut hadir Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Jhonson Gultom, Ketua DPD GAMKI Sumut Darwin Sitompul, Ketua DPC GAMKI Samosir Renaldi Naibaho beserta jajaran pengurus, Pengurus MKKS SMP Kab. Samosir, Guru pendamping dan Tim Bimbel Talenta.

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMP Se-Kabupaten Samosir selaku Panitia Pelaksana, Teksin O. Simbolon, S.Pd menyampaikan pelaksanaan Try Out ini didanai oleh DPC GAMKI Samosir bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga. Peserta Try Out adalah sebanyak 342 orang siswa kelas IX (203 orang jurusan IPA dan 139 orang jurusan IPS) yang berasal dari 28 SMP Negeri/Swasta Se-Kabupaten Samosir.
Dari hasil Try Out ini akan diambil rangking 30 besar, dan akan dibimbing dan dibina oleh Dinas Pendidikan, sehingga mampu bersaing ke SMA unggulan.

Ketua DPC GAMKI Samosir Renaldi Naibaho dalam sambutannya menyampaikan, selaku organisasi kepemudaan berbasis sosial,
GAMKI hadir untuk memenuhi panggilan dalam membina generasi muda yang tangguh yang mampu bersaing. Renaldi menyampaikan pelaksanan Try Out ini, bukan semata mata mencari juara, tetapi lebih kepada mengasah dan mempersiapkan diri bagi siswa menuju SMA unggulan.

“Selamat ber uji kompetensi bagi adik-adik sekalian, semoga ini menjadi spirit dan awal mula yang baik untuk nanti menghadapi ujian yang sesungguhnya menuju SMA unggulan”, ujar Renaldi Naibaho.

Sementara itu, Ketua DPD GAMKI Sumut Darwin Sitompul mengapresiasi DPC GAMKI Samosir yang telah menginisiasi uji kompetensi bagi siswa SMP di Samosir. Dirinya berharap, melalui kegiatan seperti ini akan mengasah kemampuan siswa sebagai generasi penerus yang akan memegang estafet kepemimpinan yang akan datang.

“Saya minta adik-adik, untuk terus belajar mempersiapkan diri. Patuh dan hormat kepada orang tua dan jauhi narkoba”, ujarnya.

Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir Jhonson Gultom menyampaikan terimakasih kepada GAMKI Samosir. Dirinya mengajak seluruh organisasi dan lembaga yang ada, untuk bersama-sama bersinergi dengan Pemkab untuk membangun kualitas pendidikan di Samosir, seperti halnya yang dilakukan oleh GAMKI saat ini.

Peringkat 30 besar dari hasil Try Out hari ini, akan dibina dan diasah kemampuannya oleh Dinas Pendidikan, dengan target 30 orang siswa ini dapat lulus ke SMA unggulan.

Jhonson berharap dengan kerjasama DPC GAMKI Samosir dengan Dinas Pendidikan, kegiatan ini akan terus berlanjut ke tahun-tahun mendatang.

Bupati Samosir yang diwakili Asisten I Drs. Tunggul Sinaga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada segenap jajaran DPC GAMKI Samosir sebagai inisiator dan motivator pelaksanaan try out ini, sebagai salah satu upaya mendukung program Pemkab Samosir dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Kepada siswa/i peserta try out, Tunggul mengharapkan agar bersaing secara sportif, dan fukoslah menuntut ilmu dalam menggapai cita-cita. Dan jika nanti bisa lolos ke sekolah-sekolah unggulan, Pemkab Samosir akan memberikan beasiswa sebagai bentuk dukungan.

(Polhut)