by

600 Jakpreneur Akan Dilatih Sudin KPKP Jakbar Tahun Ini

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin) KPKP Jakarta Barat, tahun ini kembali akan menyelenggarakan pelatihan wirausahawan mandiri atau jakpreneur binaan.

Program pelatihan akan dimulai Juni 2023
Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat, Novi C Palit mengatakan, tahun ini pihaknya akan melatih sebanyak 600 jakpreneur binaan. Adapun jenis pelatihan yang dibuka seperti, olahan hasil pertanian, peternakan, perikanan serta budi daya ikan.

“Program pelatihan akan dimulai Juni 2023. Total pelatihan akan diikuti 600 peserta tahun ini,” ujar Novi, Rabu (8/2).

Ia menjelaskan, pihaknya membuka pendaftaran jakpreneur binaan di setiap Satuan Pelaksana (Satpel) KPKP di delapan kecamatan se-Jakarta Barat.

“Warga yang tertarik untuk mengikuti pelatihan ini dapat datang langsung ke pendamping Satpel KPKP di delapan kecamatan,” jelasnya.

Dikatakan Novi, banyak keuntungan yang diperoleh warga yang tergabung dalam jakpreneur binaan Sudin KPKP Jakarta Barat.

“Ratusan jakpreneur binaan dilatih untuk menghasilkan produk makanan dari olahan pertanian dan peternakan serta layak dipasarkan kepada masyarakat luas,” katanya.

Ditambahkan Novi, peserta akan mengikuti serangkaian tahapan pelatihan di antaranya, pengolahan bahan pangan, pengemasan, promosi, sertifikasi produk hingga membantu mengajukan bantuan modal usaha melalui perbankan.

“Pelatihan digelar bertujuan menciptakan wirausaha baru yang mandiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga lainnya,” tandasnya.

210