by

Terancam Gagal Panen, Tanaman Padi Di Desa Hutanamora Pangururan Menguning Akibat Kekeringan

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kuning nya padi bukan dikarenakan mau panen, tapi akibat kekeringan. Petani padi di Desa Hutanamora Kec Pangururan Kab Samosir mengeluh. Pasalnya, karna musim kemarau yang berkepanjangan membuat padi mereka menguning dimasa usia tanaman masih muda.

Pak Hendra salah seorang petani padi di daerah ini menjelaskan bahwa dirinya harus memompa kan air yang disedot dari danau toba untuk mengatasi kekeringan ini dengan mengeluarkan uang Rp 100.000/sekali pompa.
Dan air tersebut hanya bertahan selama 3 hari.

Menurut nya pompanisasi di daerah ini memang pernah ada yang dana operasional nya dibebankan kepada petani yang memiliki sawah. Namun saat ini pompa air tersebut sudah rusak dan tak dapat digunakan lagi.

“Semoga Pemerintah memberi perhatian dan solusi kepada petani disaat musim kemarau, agar petani tidak gagal panen”, harap Pak Hendra.

Secara terpisah Awak media menghubungi Pak Kades Hutanamora Hut Irensus Malau membenarkan keberadaan mesin pompa tersebut yang merupakan bantuan dari PNPM yang tanggung jawab operasional nya diserahkan kepada masyarakat pengguna mesin tersebut.

“Namun apa daya, namanya masyarakat petani, mereka tidak punya dana untuk memperbaiki mesin pompa air tersebut”, ucap Kades Hutanamora, Hut Irensius Malau.

(Polhut)