by

Bupati Karo Hadiri Pesta Ngerires Batu Karang Ke 49 Sejabodetabek

Berita Karo.OLNewsindonesia,Sabtu(09/02)

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Bartholomeus Barus Kasi Bappeda, menghadiri acara Ngerires (pesta tahun) Batukarang Se-Jabodetabek ke – 49, Sabtu (09/02) pukul 10.00 WIB di Auditorium Gelanggang Remaja Jln. Otista Raya No 121 Kampung Melayu Jaktim.

Menurut Terkelin, acara Ngerires adalah kental istilah orang suku Karo pesta tahunan ini, sangat populer masa dahulu maupun masa sekarang ini, walaupun perubahan zaman semakin modern dan canggih, akan tetapi Ngerires tidak tergerus akan perkembangan zaman. Ikuti zamanmu jangan tinggalkan Budayamu, kata kata ini cocok dasar terselenggaranya” Ngerires” (pesta tahun), yang ke-49 ini, ” kata Terkelin saat memberikan kata sambutan.

Kerja tahun ini adalah momen sangat penting, untuk saling berkunjung, saling bertemu dan berkumpul guna memperkuat silaturahmi dalam mencapai kekuatan dan kesatuan antara yang tinggal di Tanah Karo , kota Medan dan Se-Jabotabek sekitarnya.

Apalagi desa Batukarang saat ini memiliki penduduk yang relatif banyak dan sudah dapat dimekarkan menjadi dua desa, mengingat persyaratan sudah memenuhi, sesuai kabar yang saya peroleh dari Pemdes Kab . Karo, bahwa tim Kabupaten dan tim Provinsi sudah sepakat dengan panitia pembentukan desa Batukarang, akan turun kelapangan untuk melakukan survei, Senin (11/02),2019 , ” jelasnya.

Mudah mudahan dalam waktu dekat ini semua proses terkait pemekaran desa menemui titik terang, kami Pemda Karo sangat mendukung, jika diminta rekomendasi untuk pengajuan ke Provinsi segera akan saya setujui, ” tandas Terkelin.

Ketua Panitia Ngerires (kerja tahun) Batukarang se- Jabotabek ke 49 tahun 2019 Lenin Bangun didampingi sekretaris Robert Dede Bangun dan Bendahara Binar Daniel Bangun menyampaikan ucapan terimakasih setinggi tingginya dan mengapreisasi atas kehadiran Bupati Karo sudah meluangkan waktu datang untuk berkumpul bersama dengan kami masyarakat Batukarang yang tinggal di se- Jabotabek ini, “ucapnya.

Perlu diketahui bahwa acara ini, setiap tahunnya diadakan dengan secara bergiliran yang dilakukan oleh panitia dalam penyelenggaraannya, dimulai sejak tahun 1969-2019 sekarang ini, ” ucap Lenin.

Tidak terasa sudah hampir 40 tahun masyarakat Batukarang se- Jabotabek selalu menyelenggarakan Ngerires (pesta tahun) karena latarbelakang sejarah tentang arti dan makna Ngerires sesuai kisah dalam buku alm Teridah Bangun,inilah salah satu faktor agar kita ketahui, ” tuturnya.

Sebagai wujud terimakasih dan silaturahmi , atas nama panitia Ngerires ke-49, selanjutnya diberikan cenderamata ditandai sebagai kenang kenangan kepada Bupati Karo disaksikan forum peduli Batukarang Ramli Bangun , Sastra Purba dan masyarakat Se-Jabotabek.

Sementara Kabag Pemdes Eva Angelina Br Sembiring, mengatakan saat dihubungi via WhatsApp membenarkan Desa Batukarang saat ini telah diajukan oleh panitia pembentukan pemekaran desa ke dinasnya, ” ujarnya dalam pesan WA.

Meskipun dokumen sudah dilakukan verifikasi melalui tim Kabupaten dan Provinsi , dan dinyatakan telah memenuhi syarat, tinggal tim survei akan kelapangan menuggu aba aba dari tim panitia pembentukan Desa Batukarang.

Sesuai kordinasi dan kesepakatan , tim akan turun kelapangan pada hari Senin (11/02) dengan melibatkan OPD terkait Kab . Karo yakni DPMD, Pemdes, bagian Hukum, Pemum, Bappeda, PUPR dan selebihnya OPD terkait dari Provinsi termasuk dinas kehutanan Provsu,” terangnya tanpa merinci semuanya.

Selanjutnya, kata Eva setelah disurvei maka tim membuat laporan rekomendasi kelayakan pemekaran kepada Bupati Karo untuk meminta persetujuan yang akan dituangkan dalam Perbup (Peraturan Bupati), kemudian meneruskan kepada Gubernur Sumatera Utara guna meminta kode Register Desa, pungkasnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.