by

Pemilihan Putera Puteri Pesona Minahasa 2018 Memasuki Tahap Test Akademik

Tondano OLNewsindonesia – Sabtu (9/6)

Bagi pembaca OLNews Indonesia yang berdasarkan data google analytics didominasi pembaca berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi. Tentunya berita lokal menjadi kerinduan mereka untuk mengetahui perkembangan berita di tempat mereka berasal.

Dalam konteks berita Sulawesi Utara, Pemilihan Putera-Puteri Pesona Minahasa mendapat atensi cukup tinggi, bagi para perantau dari Kawanua di Jabodetabek. Yang sampai dengan berita ini dibuat sudah memasuki Tahap Test Akademik.

Secara resmi event ini sudah berlangsung pada Jumat, 8 Juni 2018 dan dibuka langsung oleh Kadis Kebudayaan & Parawisata Kabupaten Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi. Bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.Diawali dengan laporan dari Kepala Bidang Kebudayaan, Mellisa Rondonuwu SP, yang juga merupakan Ketua Panitia.

Dan tampak hadir juga Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang Pariwisata Meksi Sahensolar SPi, Kepala Bidang Pariwisata Ir Diane Najoan, para pemegang gelar Putera-Puteri Pesona Minahasa 2017 lalu serta jajaran Disbudpar Minahasa lainnya.

Puluhan Peserta dari wilayah administratif Kabupaten Minahasa, tampak antusias untuk mengikut kegiatan positif ini. Mereka mewakili dari OSIS SMP, SMA/SMK, Komisi Remaja dari berbagai denominasi Gereja, Karang Taruna organisasi kepemudaan lainnya.

Agustivo Tumundo dalam kesempatan ini memberikan apresiasi bagi pimpinan Sekolah, Gereja dan organisasi kepemudaan yang telah mengutus peserta mengikuti kegiatan ini.

“Setiap tahun kami menggelar Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa yang peserta-nya berumur 17 s/d 24 tahun. Kemudian mulai tahun 2017 lalu kami menggelar Pemilihan Putera-Puteri Pesona Minahasa ini dengan kriteria peserta berumur 15 s/d 17 tahun” kata Tumundo.

Diharapkannya, agar para peserta yang lolos dalam Tes Akademik ini akan mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa berhasil pula dalam tes dan tahapan selanjutnya.

Sementara Kabid Kebudayaan Mellisa Rondonuwu mengatakan bahwa tahapan selanjutnya berupa Wawancara dan Kunjungan Lapangan serta sessi Foto di objek wisata budaya Benteng Moraya Tondano pada Senin, 11 Juni 2018.

Kemudian, lanjut Mellisa peserta akan menerima Pembekalan Materi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Ny Helly Grace Mewoh-Pongoh SE dan Kepala Dinas Budpar Agustivo Tumundo serta Nara Sumber lainnya pada Kamis 21 Juni 2018 nanti, yang dilanjutkan dengan Anjangsana ke beberapa perusahaan mitra kegiatan.

“Untuk tahapan Grand final Putera-Puteri Pesona Minahasa 2018 ini akan dirangkaikan dengan Festival Kebudayaan Minahasa dalam bentuk pagelaran seni dan budaya Minahasa, pada Jumat, 22 Juni mendatang di Amphitheater Benteng Moraya Tondano, yang akan memperebutkan Trophy Tetap Pj Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA, Ketua TP-PKK Ny Helly Mewoh-Pongoh, Sekretaris Daerah Jeffry Korengkeng SH MSi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Seeve Korengkeng-Warouw dan Kadis Budpar Agustivo Tumundo, serta uang tunai dan hadiah menarik lainnya,” urai Mellisa.

Semua finalis, tambah Mellisa akan tampil mengenakan pakaian adat Minahasa di malam Gran Final nanti, yang akan diselingi pula dengan hiburan serta fashion show dari Ikatan Waraney dan Wulan Minahasa.

Wah bagi para kawunua yang ada di Jabodetabek, ikuti terus perkembangan liputan OLNews untuk event ini ya.

AWK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.