by

Forkopimda Karo Ikuti Rakor Penyelamatan Ekosistem Danau Toba

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Forkopimda Karo ikuti pelaksanaan Rakor (Rapat Koordinasi) Penyelamatan Ekosistem Danau Toba, Rabu (07/06. 2022) pukul 09.00 WIB, di Tongging Point Hotel Taman Simalem Resort Kec. Merek Kab. Karo yang diikuti oleh Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu dari Forkopimda Karo turut dihadiri oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Br Sebayang, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H dan Dandim 02025 TK Letkol INF. Benny Angga Ambar Suoro dan dalam rapat koordinasi diikuti juga dari Forkopimda Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Simalungun.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi dilaksanakan terkait pemulihan Ekosistem Danau Toba yang melibatkan Provinsi dan Pemerintah Daerah serta juga komponen masyarakat, serta membahas untuk pencegahan tindakan penebangan hutan dan pencemaran Danau Toba oleh pihak pihak tertentu.

Setelah pelaksanaan Rapat Koordinasi dilanjutkan dengan penyerahan bibit tanaman secara simbolis dari PT. Inalum kepada Satgas Pemulihan Ekosistem Danau Toba.

Adapun Bibit Tanaman yang diserahkan oleh PT. Inalum kepada Satgas Provinsi dan Daerah Penyelamatan Ekosistem Danau Toba terdiri dari :
a. Akar Wangi : 500 Kg.
b. Makadamia : 2.000 Btg
c. Kaliandra : 2.000 Btg
d. Pohon Tarum : 2.000 Btg.

Dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Provinsi didampingi oleh Perwakilan Kabupaten Kawasan Danau Toba menuju ke Gajah Bobok Desa Pangambatan Kec. Merek untuk meninjau lokasi penanaman pohon dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Satgas Provinsi dan Daerah Penyelamatan Ekosistem Danau Toba.

Kegiatan Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Komisaris Utama Mind ID Letjen TNI Purn DR. (HC) Doni Monardo, Gubernur Sumut diwakili oleh Staff Ahli Agus Tripiyono, Kapolda Sumut di wakili oleh Karo Ops Poldasu Kombes Pol D. Tarigan, Pangdam I/BB yg diwakili Asop Pangdam, Aster Kodam I/BB Kol. Inf Susanto Plastua Manurung.

(David)