by

Bilik Lentera, Geliat Gerakan Nyata Dalam Dunia Pendidikan Bogor Timur

Berita Cileungsi, Online News Indonesia, Jumat (8/2)

7403 Ruang Kelas Sekolah SD Hingga SMA dibawah Lingkungan Dinas Pendidikan dan 3153 Ruang Kelas MI (Madrasah Ibtidaiyah)  Hingga MA (Madrasah Aliyah) dibawah Lingkungan Kemenag yang ada di Kabupaten Bogor dikategorikan rusak dari skala rusak ringan hingga rusak berat (Data berdasarkan publikasi situs Dinas Pendidikan Kab Bogor dengan Judul Data Jumlah Rombel dan Kondisi Sarana Pendidikan Th. 2015/2016).

Kreativitas Anggota Bilik Lentera, Dalam Usaha Mencari Dana, Para Anggota Menjual Baju, Yang Hasilnya Akan Dibelikan Peralatan Belajar Mengajar (Meja, Papan Tulis, Bangku, Buku dll) Bagi Bantuan Ke Sekolah Yang Membutuhkan
Kreativitas Anggota Bilik Lentera, Dalam Usaha Mencari Dana, Para Anggota Menjual Baju, Yang Hasilnya Akan Dibelikan Peralatan Belajar Mengajar (Meja, Papan Tulis, Bangku, Buku dll) Bagi Bantuan Ke Sekolah Yang Membutuhkan

Dari hal tersebut, Bilik Lentera suatu gerakan spontanitas kaum milenial, merasa terpanggil untuk berkontribusi memberikan sumbangsih nyata pada dunia pendidikan, khususnya yang ada di Bogor Timur serta kegiatan sosial. Bilik Lentera lebih memilih langsung mencari data dan turun ke lapangan untuk membantu kebutuhan institusi Sekolah yang membutuhkan, dan memberikan solusi dengan memberdayakan network anggota yang ada didalam Bilik Lentera.

Salah Satu Bentuk Usaha Penggalan Dana, Menjual Gantungan Kunci Bilik Lentera Karya Anggotanya
Salah Satu Bentuk Usaha Penggalan Dana, Menjual Gantungan Kunci Bilik Lentera Karya Anggotanya

Menurut Ketua Bilik Lentera Jiki Syafril Ujung SE, total volunteer yang sudah tergabung berjumlah 75 Orang, yang terdiri dari kaum milenial dari berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, enterpreneur, pegawai swasta, anggota TNI-Polri. Atas dasar kecintaan yang sama yaitu kecintaan pada Dunia Pendidikan, maka gerakan yang berdiri Mei 2018 ini, dapat berdiri menyatukan visi dalam suatu wadah Bilik Lentera.

Jiki Syafril menerangkan, dalam memberikan bantuan kepada instisusi Sekolah maupun lembaga pendidikan non formal, Bilik Lentera memilih memberikan bentuk berupa barang, alat kelengkapan belajar mengajar seperti papan tulis, kursi, meja, serta buku. Tentunya terlebih dahalu Bilik Lentera sudah melakukan pendataan, kunjungan kepada calon sekolah yang akan dibantu.

Usaha pencarian dana sangat kreatif, selain donasi dari para donatur, Bilik Lentera memberdayakan potensi dan talenta anggotanya. Produk karya anggota Bilik Lentera berupa accesories, baju, pernak pernik lainya kemudian dipasarkan. Hasil penjualan karya anggota, akan dibelikan keperluan kebutuhan sekolah yang membutuhkan.

Ditahun 2019 ini, sudah banyak agenda yang akan dilakukan, dan Bilik Lentera tetap fokus didunia pendidikan dan peka terhadap kegiatan sosial. Bagi pembaca yang ingin bergabung dapat langsung menghubungi Jiki Syafril Ujung – 081295260694. Untuk melihat portofolio dan kegiatan Bilik Lentera, bisa dilihat pada halaman sosial media Bilik Lentera :

Facebook Bilik Lentera   : Klik -> @Biliklentera 

Twitter Bilik Lentera       : Klik -> @BilikLentera

Instagram Bilik Lentera  : Klik -> @biliklentera

Denny

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.