by

Kemendagri Terima Rekor Dunia MURI atas Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berhasil meraih rekor dunia dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) setelah sukses melaksanakan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Senin (5/9/2022).

Mendagri mengatakan, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan bagian dari upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta memperkuat wawasan kebangsaan. Pasalnya, hal tersebut perlu terus dirawat di tengah keberagaman. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan gerakan tersebut. “Bendera merah putih sebagai bendera, tapi dia adalah sebetulnya simbol dari kebangsaan kita,” terang Mendagri.

Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Bahtiar, dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah bendera yang dibagikan melampaui target. “Berdasarkan data per 31 Agustus 2022 yang dilaporkan kepala daerah seluruh Indonesia, tercatat sebanyak 12.070.595 bendera telah dibagikan. Ini membuktikan bahwa animo seluruh pihak dalam mendukung gerakan tersebut begitu besar. Hal tersebut juga menandakan bahwa negeri ini negeri yang memang bersatu, dan masih memiliki nasionalisme yang kuat. Insyaallah kegiatan kita seperti ini akan terus kita rawat dan kita bangkitkan,” jelasnya.

Sementara itu, rasa terharu juga disampaikan Ketum MURI Jaya Suprana atas diserahkannya perhargaan tersebut kepada Kemendagri. Menurutnya, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera merupakan program besar, tapi mampu dijalankan dengan baik dalam waktu singkat. Hal ini tentunya berkat dukungan dari berbagai pihak termasuk kepala daerah. “Apa yang Anda (Mendagri) lakukan itu masuk ke mission impossible sebenarnya, tetapi Anda bisa lakukan,” ujar Suprana.

Jaya Suprana menuturkan, semula gerakan tersebut dicalonkan sebagai kegiatan yang masuk dalam rekor tingkat nasional. Namun setelah melihat pencapaian yang luar biasa, pihaknya menilai kegiatan tersebut layak diganjar rekor dunia dari MURI.

Gerakan tersebut merupakan inisiatif Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Gerakan ini berlangsung sepanjang Agustus 2022 dan diikuti oleh hampir seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia. Selain pemerintah daerah (Pemda), seluruh unsur masyarakat juga turut bergabung dan membagikan bendera merah putih di lingkungan sekitarnya.

Pada kesempatan yang sama, sejumlah sejumlah kepala daerah dan perwakilan Kementerian/Lembaga juga menerima penghargaan dari Mendagri atas dukungan mereka dalam menyukseskan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

210