by

Hari Jadi Kabupaten Karo Ke – 77 Tanpa Pawai, Minim Anggaran

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kabupaten Pemkab melalui Dinas Kominfo Kabupaten Karo gelar Konferensi pers tentang hari jadi Kabupaten Karo dengan Thema: “77 Tahun Kabupaten Karo Tetap Berjuang Menuju Masyarakat Makmur Dan Sejahtera”, di ruang aula Kantor Bupati Karo, Senin (06/03.2023) yang dimulai sekira pukul 12.20 WIB yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Karo Drs.Terkelin Kamperas Purba MSI dan dihadiri puluhan Wartawan dari berbagai Media di Kabupaten Karo.

Dalam Konferensi Pers ini di sampaikan oleh Sekdakab Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba memaparkan terkait kegiatan di hari jadi Kabupaten Karo ke -77 pada hari Rabu Maret 2023 tersebut diantaranya: Forkopimda lakukan Ziarah ke makam Pahlawan dan tabur bunga, setelah itu Forkopimda dan rombongan menuju gedung DPRD Karo gelar Rapat Paripurna, dan setelahnya itu bersama sama mengikuti kegiatan kuliner nunsa Lokal ataupun Tradisional yang dimeriahkan hiburan.

“Biaya kita sebesar 106 juta rupiah, dan anggaran diambil dari APBD Kabupaten Karo tentu ini sangat minim, maka
untuk hari Jadi Kabupaten Karo di Tahun 2023 ini, di selenggarakan cukup sederhana tanpa ada pameran ataupun kegiatan pawai mengingat anggaran hanya Rp. 106 Juta,” ujarnya.

Lanjut Terkelin ini lagi,” untuk memaknai peringatan hari jadi harus bernuansa budaya dengan kearifan lokal budaya masyarakat Karo, maka kami mengimbau kepada seluruh SKPD untuk memakai pakaian dinas dengan memakai tambahan kain ciri ciri khas adat budaya Karo, seperti Uis Nipis dan Bekabuluh, sedangkan buat Kecamatan di himbau untuk membawa hasil bumi dari daerah masing masing baik itu buah, sayur-mayur, buah Salak dan lain-lain,” terang Sekda ini.

Turut hadir dan sebagai narasumber, Kadis Pertanian Ir. Metehsa Karo Karo, Kadis Kominfo (Komunikasi Dan Informatika) Karo Frans Leonardo Surbakti , S.STP, Ir.Djoko Sujarwanto Kepala Bagian Kemasyarakatan Dan Bina Pemerintah Desa Dan Kelurahan Sekdakab Karo, dan sebagai Ketua Panitia hari Jadi Kabupaten Karo untuk tahun 2023 ini adalah Asisten 1 (satu) Pemerintahan Kabupaten Karo Carpilus Barus.

(David)