by

Super Garuda Shield 2022 Pesawat F16 Melaksanakan Manuver Pemboman Di Pantai Dabo Kepulauan Riau

Berita Kepri, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Latihan Bersama Super Garuda Shield 2022 menggelar empat operasi yaitu Cooperative Deployment (Codep), Amphibious Operation, Austere Airfield Operation, dan Hirain/C-Rain, memasuki tahap awal latihan di Pantai Dabo Kepulauan Riau, ungkap rilis situs resmi TNI AU, Sabtu (6/8/22).

Skenario latihan Codep dan pendaratan amphibi melibatkan Pesawat F16 dan B-737 TNI AU. Pada latihan itu F16 melaksanakan Close Air Support (CAS) melalui pemboman untuk membuka pertahanan musuh, Kepulauan Riau (4/8/2022).

Sebelumnya, para penerbang F16 TNI AU dari Skadron Udara 16 mendapat Comprehensive Brief on Close Air Support yang menekankan bahwa operasi CAS memiliki nilai strategis untuk membuka kemenangan pertempuran dengan melumpuhkan kekuatan dan pertahanan musuh sehingga pasukan kawan dapat bergerak maju serta mendarat di pantai untuk merebut sasaran.

Sesuai dengan skenario latihan, operasi pemboman oleh Pesawat F16 tersebut mendapatkan dukungan data intelijen hasil foto udara Pesawat B-737 sehingga operasi berhasil menghancurkan sasaran. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan interoperabilitas dan sinergitas kedua unsur operasi TNI AU itu dapat berjalan dengan baik serta tercapai keberhasilan latihan.

210