by

DAP Kab Bogor Lakukan Pembinaan Arsip Bagi Kecamatan Jonggol, UPT, Pemdes, Lembaga Pendidikan

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor melakukan Pembinaan Kearsipan Bagi Pengelola Arsip Kecamatan, UPT, Pemdes, dan Lembaga Pendidikan dilingkungan Kecamatan Jonggol, pada Selasa, 6 September 2022, bertempat di Gedung Serbaguna Citra Indah Kec Jonggol, Kab Bogor.

Dalam kegiatan ini Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor, TB Luthfie Syam M,Si , juga memberikan bantuan berupa Komputer, Printer, Rak Buku, Meja Baca, maupun Koleksi Buku seputar tata kelola kearsipan dan kedinasan.

Camat Jonggol, Andri Rahman, S.STP, M.Si, menyatakan bahwa kearsipan adalah hal yang esensial dalam keadministrasian dan penting untuk dilakukan pengelolaan catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi yang memiliki nilai kegunaan dengan teratur dan terencana, baik itu arsip yang dibuat maupun diterima, agar mudah ditemukan kembali jika diperlukan.

Sehingga maksud kegiatan hari ini menurut Andri Rahman, untuk bagaimana menciptakan arsip , penerimaan arsip, mengamankan dan menyimpan serta mencatat arsip. Juga dilakukan sosialisasi migrasi arsip menjadi digital atau digitalisasi arsip. Sehingga ada evidence (bukti), ketika ada masalah bisa terbantu. Pada kegiatan hari ini juga disampaikan Tata Naskah Dinas,

Tata Naskah Dinas dimaksudkan sebagai pengaturan tentang jenis dan penyusunan naskah dinas, penggunaan lambang negara, logo dan cap dinas, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pengurusan naskah dinas korespondensi, kewenangan, perubahan, pencabutan, pembatalan produk hukum, dan ralat.

Menurut Camat, nantinya akan dilakukan tindak lanjut oleh Dinas Pendidikan, UPT Pendidikan, Koryandik, K3S atau dibagi pergugus.

Serta hal yang menggembirakan, dalam waktu dekat akan dilakukan pemindahan media (media transfer) atau digitalisasi untuk dokumen pertanahan seperti Letter C. Dengan digital, maka akan menjadi backup penyimpanan offline dan lebih mudah dan cepat ketika dibutuhkan.

Joner