by

BPJS Kesehatan Kolaborasi Aksi Kemanusiaan Melalui Program Donasi JKN

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebagai salah satu upaya menggerakkan partisipasi publik untuk berbagi dan berperan aktif dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta membantu peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang tidak mempu membayar iurannya karena terkendala masalah finansial, kini BPJS Kesehatan mendorong keiikutsertaan masyarakat dalam Program Donasi JKN.

Program Donasi JKN  merupakan wujud kepedulian terhadap keluarga yang membutuhkan bantuan untuk didaftarkan dan/atau dibayarkan iurannya sebagai peserta Program JKN. Program ini dapat dilaksanakan dengan tiga skema yaitu donasi perorangan, donasi badan usaha, dan donasi lembaga atau badan lainnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pimpinan Laboratorium Klinik Anugerah Kabanjahe yang telah berpartisipasi dalam Program Donasi JKN. Bantuan tersebut akan disalurkan kepada 16 keluarga PBPU menunggak di Kabupaten Karo. Kepada peserta PBPU yang terpilih sebagai penerima Donasi JKN diharapkan dapat membayar iuran selanjutnya secara rutin sebelum tanggal sepuluh setiap bulannya, agar kepesertaannya selalu dalam keadaan aktif dan dapat digunakan untuk mengakses layanan JKN pada saat dibutuhkan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Rita Masyita Ridwan dalam acara penyerahan donasi pembayaran tunggakan iuran PBPU menunggak.

Rita menjelaskan dalam press release nya (05/10. 2021) bahwa selain sebagai perwujudan prinsip dan nilai gotong-royong, Program Donasi JKN juga bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta dan kolektabilitas penerimaan iuran PBPU/peserta mandiri di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe. Di samping itu, program ini juga sebagai upaya menjalin dan meningkatkan kerjasama serta hubungan baik dengan mitra maupun pemangku kepentingan.

Direktur Laboratorium Klinik Anugerah Edisa Putra Ginting, mengatakan,” kami berkomitmen untuk selalu berperan serta dalam memberikan bantuan dan kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya terkait aksi kemanusiaan termasuk dengan BPJS Kesehatan yang juga sekaligus sebagai mitra. Kami berkeyakinan bahwa kebahagiaan yang kami terima juga untuk dibagikan ke sesama,” katanya.

Edisa juga mengimbau peserta PBPU penerima donasi JKN untuk ikut serta menjaga kesinambungan program dimaksud dengan cara berupaya tertib dan rutin membayar iuran Program JKN setiap bulannya.

Sementara itu, Marojahan Tambunan, salah seorang penerima donasi, menyampaikan bahwa dirinya sangat bersyukur dan mengapresiasi adanya Program Donasi JKN yang telah membantu meringankan beban keluarganya dalam membayarkan tunggakan iuran JKN.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Laboratorium Klinik Anugerah dan BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe atas perhatian dan bantuan yang diberikan. Kami berharap program ini dapat berkelanjutan dan menyentuh masyarakat lainnya yang membutuhkan,” ujar Marojahan.

(David)