by

Pemkab Samosir Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata Dan Sapta Pesona Di Pantai Pasir Putih Situngkir

Samosir.Olnewsindonesia,Jum’at (6/4)

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Samosir, gelar Sosialisasi gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona, dihadiri lebih kurang 170 orang dari 18 kelompok Sadarwisata (Pok Darwis ) se kabupaten Samosir berjalan dengan baik bertempat di lokasi wisata Pantai Indah Pasir Putih Situngkir Parbaba, Jum’at (6/4)

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi Pariwisata dari Kementrian Pariwisata RI, Dra.Oneng Setyaharini.

Dalam sambutannya, Dra.Oneng Setyaharini sangat mengapresiasi keseriusan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam percepatan terwujudnya 4 daerah destinasi tujuan wisata yang menjadi prioritas Pemerintah Pusat .

Foto : Bupati Samosir, Drs Rapidin Simbolon MM, mangulosi Asisten Deputi Kementrian Pariwisata RI, Dra.Oneng Setyaharini, di acara Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona
Foto : Bupati Samosir, Drs Rapidin Simbolon MM, mangulosi Asisten Deputi Kementrian Pariwisata RI, Dra.Oneng Setyaharini, di acara Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona

Lanjutnya, bahwa Pembangun pariwisata harus dari hati dan harus melibatkan lintas sektor, seperti kebersihan, Keamanan, Ketertiban serta karakter yang baik sangat dibutuhkan oleh daerah wisata. Untuk itu perlu sosialisasi yang baik kepada seluruh PokDarwis maupun masyarakat masyarakat Samosir, terangnya.

Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa upaya yang telah dilaksanakan pemkab Samosir dalam percepatan terwujudnya Samosir sebagai tujuan wisata, antara lain membentuk PokDarwis (Kelompok Sadar Wisata), Pelatihan Ekonomi Kreatif, Kursus Bahasa Inggris bagi masyarakat yang berada di lokasi wisata, menggalakkan program adiwyata di sekolah SD maupun SMP Se Kabupaten Samosir.

Lanjut Bupati, Selain itu pemkab Samosir juga telah melaksanakan even even yang dapat menarik kunjungan wisata, baik domestik maupun manca negara.

Untuk itu, Bupati Samosir mengharapkan agar seluruh elemen masyarakat Siap menyambut kunjungan wisata dengan jiwa dan karakter yang baik, ajaknya.

Ditambahkannya, berdasarkan Data statistik, kunjungan wisatawan tahun 2016 sebanyak 190.278 . Sedangkan untuk tahun 2017 mencapai 278.059 orang. Sehingga ada peningkatan sekitar 45,79%. Yang tentunya akan mempengaruhi penambahan PAD Kabupaten Samosir, ungkap Bupati.

Foto : Para peserta di Acara Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona, Pantai Indah Pasir Putih Situngkir
Foto : Para peserta di Acara Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona, Pantai Indah Pasir Putih Situngkir

Seusai acara pembukaan sosialisasi gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona, acara dilanjutjan dengan pemberian alat kebersihan oleh Asisten Deputi Kementrian Pariwisata RI, fan didampingi oleh Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon, berupa tempat sampah, sapu lidi/sapu halaman, serta beberapa alat kebersihan lainnya kepada PokDarwis, serta melakukan aksi kebersihan disekitar pantai pasir putih Parbaba

(JuntakStar/Polhut)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.