by

Jalan I Gusti Ngurah Rai Dibangun Rain Garden

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur membangun rain garden di jalur hijau Jalan I Gusti Ngurah Rai Terusan, Pondok Kopi, Duren Sawit. Rain garden ini merupakan bioswale atau sistem rembesan air hujan alami yang di atasnya ditanami tanaman hias.

Kasi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Atang Setiawan mengatakan, rain garden di Jalan I Gusti Ngurah Rai terusan ini dibangun untuk mengatasi genangan yang terjadi di wilayah tersebut.

Menurut Atang, di jalur hijau tersebut tidak ada saluran air sehingga saat hujan deras air menggenang. Sebagai solusinya dibuatkan rain garden yang didesain untuk mengumpulkan limpasan air hujan dari area di sekitarnya. Berfungsi sebagai pengumpul limpasan air hujan, maka bentuk rain garden ini adalah cekungan yang digali dangkal dengan kedalaman sekitar 1,3 meter.

“Proses penggalian sudah kita lakukan pekan lalu dan saat ini tinggal penanaman tanaman hias di bagian atasnya,” kata Atang, Selasa (4/7).

Dalam pembuatan rain garden ini, beber Atang, setelah lahan digali dengan model banyak cekungan maka pada bagian bawah yang telah digali, ditaburi pasir dan batu kerikil atau split.

Kemudian di atasnya dipasangi batu kali yang disusun rapi dan diatasnya dilapisi tanah merah.Setelahnya ditanami aneka tanaman, seperti Sereh, Begonia, Melati Gambir dan Alang-alang.

“Targetnya pekan ini proses penanaman rampung,” tandas Atang.

Jmy